nusabali

Adu Kuat Mental Pemain

Laga Dortmund vs Schalke 04, Sabtu Malam

  • www.nusabali.com-adu-kuat-mental-pemain

Laga tanpa penonton benar-benar berbeda dan kami harus bersiap. Ini masalah mental. Anda mengirim umpan atau melepaskan tembakan dan tak ada seorang pun bereaksi.

DORTMUND, NusaBali

Borussia Dortmund akan menjamu Schalke 04 pada laga restart Bundesliga, di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (16/5) malam ini. Bertanding secara tertutup, pemain Die Borussen diminta punya mental yang lebih kuat.

Pasalnya, Liga Jerman kembali start setelah rehat lebih dari dua bulan. Kondisi fisik dan mental pemain akan mengalami ujian. Apalagi Dortmund punya modal kurang bagus, usai kalah 0-1 pada laga terakhirnya, saat melawan Paris Saint-Germain di Liga Champions.

Dengan laga tanpa penonton, pelatih Lucien Favre mengatakan, mental kuat pemainnya benar-benar diperlukan agar dapat meraih hasil bagus.

"Laga tanpa penonton benar-benar berbeda dan kami harus bersiap. Ini masalah mental, yang mana sangat penting," kata Favre di Daily Mail.

"Anda mengirim umpan atau melepaskan tembakan dan tak ada seorang pun bereaksi, jadi kami harus bersiap untuk itu dan sangat bagus kami mempunyai psikolog olahraga yang terlibat," kata Favre.

Meski tanpa penonton, bukan alasan bagi Dortmund tampil buruk di laga sepanas itu. Duel tersebut biasanya akan berlangsung sengit, baik di dalam maupun luar lapangan.

Sebab kedua suporter memiliki riwayat tidak bagus dan sering bentrok setiap kedua tim bertemu. Namun pada laga kali ini, fans tidak diizinkan hadir karena Bundesliga diharuskan menggelar laga tertutup mengikuti protokol Covid-19.

Mengecewakan untuk Dortmund selaku tuan rumah karena tidak bisa menyaksikan Yellow Wall seperti biasanya. Tapi, karena ini semua demi kesehatan dan keamanan bersama, Dortmund mau tak mau harus mengikuti.

Petinggi Dortmund berharap para pemain bisa tampil sepenuh hati demi menjaga peluang juara. Saat ini Dortmund ada di posisi kedua klasemen, menguntit Bayern Muenchen dengan selisih empat poin di sisa delapan laga.

"Revierderby tanpa fans akan sangat menyakitkan hati. Kami harus bermain dengan motivasi tingkat tinggi, karena tidak ada fans. Semua orang harus menonton laga ini di rumah masing-masing, ini sangat penting agar liga dimulai lagi," ujar Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, dikutip Sportskeeda.

Pada laga putaran pertama, Dortmund dan Schalke harus puas berbagi satu angka, setelah imbang 0-0, di Veltins Arena, 26 Oktober lalu.

Meski tanpa penonton, namun riuh-rendah penonton dapat terdengar. Pasalnya, Sky sebagai salah satu pemegang hak siar Bundesliga akan menghidupkan atmosfer pertandingan di layar televisi. Sky memberikan opsi tambahan di dekoder tv berbayarnya, yakni suara suporter.

Tentunya suara suporter termasuk nyanyian dan sebagainya itu, adalah rekaman dari laga sebelumnya. Nantinya, Sky akan menyesuaikan dengan pertandingan yang disaksikan.

Namun bagi para penonton yang lebih suka fokus pada suara pemain yang ada di lapangan, maka Sky pun akan memberikan mode tersebut. *

Komentar