nusabali

Bupati Eka Kunjungi PMI, Serahkan Vitamin dan Madu

  • www.nusabali.com-bupati-eka-kunjungi-pmi-serahkan-vitamin-dan-madu

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bersama sejumlah pejabat Pemkab Tabanan mengunjungi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tengah menjalani karantina di salah satu hotel di Kecamatan Kediri, Kamis (23/4).

Bupati juga menyerahkan vitamin dan madu kepada para PMI. Bupati Eka mengatakan bantuan vitamin dan madu itu bukan dibeli dari anggaran APBD Tabanan, melainkan bantuan CSR, salah satunya Yayasan Ekalawya.

Di hotel yang dikunjungi itu ada sekitar 19 orang PMI yang melaksanakan isolasi. Para PMI tersebut adalah pekerja yang dipulangkan dari luar negeri dengan hasil tes negatif Covid-19. “Hari ini adalah hari yang ditunggu-tunggu sebenarnya. Baru hari ini kita bisa hadir di sini, karena kami dan muspida berkomitmen untuk keliling melihat kondisi masyarakat. Dan hari ini kita membawa paket stamina,” ungkap Bupati Eka.

Menurut Bupati Eka, ada sekitar 100-an orang PMI yang melakukan isolasi di berbagai tempat yang tersebar di Tabanan dan secara bergantian akan diberikan bantuan. Dia menyampaikan bahwa musibah ini tidak hanya dialami oleh para PMI, namun pemerintah dan seluruh masyarakat Tabanan juga terdampak.

“Banyak rakyat yang di-PHK, bahkan ada yang kesulitan membeli beras. Oleh karena itu kita tanggung semua dalam keadaan suka dan duka. Untuk itu, selalu jaga kesehatan, berpikir positif, dan selalu bersyukur karena semua ini adalah ujian,” ujarnya.

Bupati Eka juga meminta kepada seluruh masyarakat agar jangan bertindak berlebihan dan menunjukkan sikap apatis menghadapi keadaan ini. Dia meminta agar seluruh masyarakat menunjukkan rasa kemanusiaan, menyama braya yang tinggi, serta menumbuhkan semangat gotong-royong guna mencegah bahkan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Semoga kita akan semakin kuat atas cobaan ini, kita akan semakin empati, dan dekat dengan sesama. Untuk itu ambil sisi positif dari bencana ini,” imbuhnya.

Bupati Eka berpesan kepada Gugus Tugas Covid-19, agar memperhatikan dengan baik seluruh PMI yang melakukan isolasi, baik dari segi makanan, kesehatan bahkan kenyamanan di tempat tersebut. Bupati Eka juga menyinggung jangan sampai para PMI diberikan nasi bungkus dan pelayanan yang buruk.

“Saya tegaskan agar memperhatikan PMI dengan baik. Jangan sampai ada nasi bungkus. Saya akan cek setiap hari. Minimal nasi kotak, layani dengan baik serta higienis, sehat, dan minumnya juga berganti setiap hari,” tandas Bupati Eka. *des

Komentar