nusabali

ICC Batal, Madrid Rugi Rp 311 M

Sociedad Klub Pertama LaLiga Gelar Latihan

  • www.nusabali.com-icc-batal-madrid-rugi-rp-311-m

MADRID, NusaBali
Real Madrid dan Barcelona menderita kerugian sekitar Rp 311 miliar, akibat turnamen pramusim International Champions Cup (ICC) 2020 dibatalkan karena pandemi virus corona.

Dalam beberapa tahun terakhir, ICC jadi ajang persiapan tim-tim top Eropa jelang musim baru. Turnamen pramusim itu digelar di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa dan Asia . Namun, ICC tahun ini terpaksa dibatalkan karena pandemi virus corona.

Pembatalan tersebut berdampak pada finansial klub, seperti Real Madrid dan Barcelona, yang dilansir Marca, bakal kehilangan pemasukan 18 juta euro (sekitar Rp 311 miliar).

Kerugian itu sebagian besar disebabkan batalnya duel El Clasico yang rencananya di Las Vegas, sebagai penanda dibukanya stadion baru di Las Vegas. Angka tersebut peningkatan kerugian signifikan dibandingkan musim lalu. Madrid tahun lalu menerima 12 juta euro dari partisipasinya di turnamen ICC 2019.

Sebelumnya, kepala eksekutif Relevent Sports, Daniel Sillman selaku penyelenggara turnamen ICC salah mengakui, terpaksa membatalkannya karena kalender sepakbola sejauh ini berantakan dan tidak jelas.

"Tidak adanya kejelasan soal kapan social distancing dan karantina akan dicabut serta kalender sepakbola dunia yang tidak pasti, sehingga bisa saja liga domestik dan turnamen UEFA dimainkan hingga Agustus, membuat gelaran ICC tidak mungkin digelar pada musim panas ini," tulis Sillman dalam situs resmi ICC.

Sementara itu, Real Sociedad menjadi tim pertama di Spanyol yang membolehkan para pemainnya kembali latihan sejak wabah virus corona menerjang negara itu.

Mengutip Sky Sports, Minggu (12/4), klub La Liga ini menerbitkan serangkaian aturan pencegahan yang mulai berlaku paling cepat Selasa pekan depan. Para pemain dibolehkan berlatih dalam kelompok-kelompok kecil yang turut diawasi tim medis klub ini.

Kelompok-kelompok kecil yang maksimal terdiri dari 2-3 pemain dibolehkan bermain bersama dengan rekomendasi tes Covid-19 sebelum latihan mulai.

Sociedad juga menyatakan memotong gaji pemainnya sampai 20 persen sebagai usaha menstabilkan anggaran klub selama krisis virus corona. *

Komentar