nusabali

Jemput 430 Warganya dari Bali, Pemerintah Jerman Carter 2 Pesawat

  • www.nusabali.com-jemput-430-warganya-dari-bali-pemerintah-jerman-carter-2-pesawat

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Jerman menjemput ratusan warganya yang tengah berwisata di Bali di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Bahkan, pada Senin (30/3) pukul 20.30 Wita, pemerintah Jerman mengerahkan dua pesawat Carter untuk mengangkut 430 wisatawan yang sedang berada di Bali.

Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Elfi Amir menerangkan permintaan evakuasi wisatawan Jerman menggunakan dua pesawat carteran itu sudah diteruskan ke pihaknya. Dari data yang diterima oleh Otban, dua pesawat itu tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Senin (30/3) sekitar pukul 18.05 Wita. Dua maskapai yang dicarter Pemerintah Jerman itu milik Condor Airlines dengan Nomor Registrasi D-ABU. Untuk pesawat carter yang memiliki tipe B767-300 ini terbang dari Phuket, Thailand ke Bandara Internasional Ngurah Rai dan kemudian kembali ke Phuket, Thailand kemudian lanjut ke Jerman. “Jadi rutenya memang dari sana (Phuket, Thailand). Pesawat terbang dalam kondisi kosong atau ferry flight,” ujar Alfi Amir, Senin malam.

Dua pesawat tersebut berangkat melalui Terminal Internasional Gate 1C dan Terminal Internasional Gate 1B. Untuk pesawat pertama mengangkut 248 penumpang dan pesawat kedua sebanyak 182 penumpang, sehingga total yang berangkat pada Senin malam sebanyak 430 orang. Data keseluruhan kemungkinan akan terus bertambah. Hal ini dikarenakan sebelumnya Pemerintah Jerman mengajukan tiga penerbangan pesawat yang dicarter khusus. Namun, hingga Senin malam baru ada 430 wisatawan. “Khusus malam ini (Senin malam, Red) ada 430 penumpang diangkut dengan dua pesawat. Kemungkinan akan bertambah lagi karena masih ada satu pesawat yang belum tiba dari total tiga pengajuan,” ungkap Elfi Amir.

Terkait penanganan terhadap tiga pesawat yang tiba di Bandara Ngurah Rai, menurut Elfi Amir penanganannya sama dengan penerbangan biasa. Hal ini disebabkan pesawat tersebut datang dari wilayah yang tidak dilarang dan tidak mengangkut penumpang. “Kalau prosesnya seperti biasa. Seperti penerbangan biasanya. Namun untuk wisatawan asal Jerman ini akan dilakukan pemeriksaan di jalur khusus,” imbuhnya.

Untuk pesawat carter oleh Pemerintah Jerman ini, sudah ada total 6 pesawat. Tiga pesawat carteran sebelumnya pada 28 dan 29 Maret. Kemudian, dilakukan permintaan penambahan penerbangan untuk mengevakuasi wisatawan yang masih berada di Bali pada Senin (30/3). *dar

Komentar