nusabali

Lelang 5 Jabatan Eselon IIb BKPSDM Kantongi 3 Nama Teratas

  • www.nusabali.com-lelang-5-jabatan-eselon-iib-bkpsdm-kantongi-3-nama-teratas

SINGARAJA, NusaBali
Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Buleleng akan mengumumkan tiga nama teratas peserta lelang jabatan di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam pekan ini.

Tiga nama teratas di masing-masing SKPD tersebut selanjutnya akan ditetapkan satu nama menjadi kepala dinas difinitip.  Penetapam itu setelah mendapat rekomendasi dari Komisi Apratur Sipil Negara (KASN). “Kami pasti umumkan nama-nama yang menduduki ranting teratas. Segera, ya dalam pekan ini sudah ada nama-namanya,” kata Kepala BKPSDM Buleleng Gede Wisnawa, Minggu (29/3) siang.

Sebagaimana diketahui, dalam lelang jabatan ini, tercatat ada lima jabatan eselon IIb yang diperebutkan, yakni posisi Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud), Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (Ketapangikan), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), dan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar). Jumlah peserta di masing-masing jabatan sebanyak 4 orang, sehingga jumlah peserta secara keseluruhan sebanyak 20 orang.

Seluruh peserta telah melewati tahap seleksi, dimulai dari tes presentasi makalah dan wawancara selama dua hari pada Rabu (26/2) dan Kamis (27/2) bulan lalu, oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel). Selanjutnya seluruh peserta menjalani tes kompetensi selama dua hari pada Selasa (17/3) dan Rabu (18/3) dua pecan lalu, oleh Tim Asesor.

Dari dua tahapan seleksi tersebut, nilai masing-masing peserta 20 orang kabarnya telah diakumulasikan oleh Tim Pansel. Kini, tiga nama di masing-masing jabatan yang memiliki nilai teratas telah dipegang oleh BKPSDM. Konon, nama-nama peseta yang menduduki rangking terantas di masing-masing SKPD diantaranya, Camat Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara yang melamar di jabatan Kadis Kebudayaan, kemudian pada jabatan Kadis Pariwisata tercatat nama Sekdis Pariwisata, Made Sudama Diana, selanjutnya pada Dinas Ketapangikan terdapat nama Sekdis Ketapangikan, Jon Benni Ariatma, pada Dinas PMPTSP ada nama Sekdis PMPTSP, I Made Kuta, dan pada Dinas PUTR nama teratas Sekdis PUTR, I Putu Adiptha Ekaputra.

Hanya saja, Kepala BKPSDM Gede Wisnawa mengaku belum bisa menyampaikan karena masih ada tahap terakhir berupa penilaian rekam jejak dari masing-masing peserta. “Belum nanti akan kami sampaikan, sekarang masih proses penilaian rekam jejak masing-masing peserta. Ini (rekam jejak,Red) masih berlangsung,” ujar Birokrat asal Desa Banyuastis, Kecamatan Banjar ini.

Wisnawa mengatakan, setelah rekam jejak selesai, tiga nama peserta teratas di masing-masing SKPD akan disampaikan kepada Bupati, untuk selanjutnya dimohonkan rekomendasi ke KASN. Berdasarkan rekomendasi KASN itulah nanti Bupati akan memilih dan menetapkan satu nama di masing-masing SKDP untuk dilantik menjadi kepala dinas difinitif. Hanya saja karena situasi perkembangan virus corona Covid19, dia belum dapat memastikan pengajuan permohonan rekomendasi ke KASN. “Nanti kami berkoordinasi dulu karena situasi wabah corona ini, sepertinya nanti pengajuannya lewat email saja,” ujar mantan Sekretaris DPRD Buleleng ini. *k19

Komentar