nusabali

Persediaan Masker di Karangasem Mencukupi

  • www.nusabali.com-persediaan-masker-di-karangasem-mencukupi

Persediaan masker di RSUD Karangasem, 12 Puskesmas, dan 78 Poskesdes di Kabupaten Karangasem masih mencukupi.

AMLAPURA, NusaBali

Tiap Puskesmas punya persediaan 5.000 masker dan RSUD Karangasem menyimpan, 10.000 masker. Selama ini tidak ada kendala mengenai masker baik saat erupsi Gunung Agung maupun saat ini dengan adanya virus ASF dan virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan di Karangasem ada  2 RSUD Karangasem, 12 Puskesmas, 1 RS Swasta, 71 Puskesmas Pembantu, 6 klinik, 12 Puskesmas keliling, dan 678 Posyandu. Juga didukung 80 Poskesdes, 21 klinik KB, 131 tempat praktek dokter, 20 apotek, dan 130 tempat praktek bidan. Tiap Puskesmas rata-rata menyimpan 5.000 masker hingga 10.000 masker. Sedangkan di RSUD menyimpan sekitar 10.000 masker. “Persediaan masker di Karangasem lebih dari cukup. Kapan saja masyarakat memerlukan masker siap didistribusikan, terutama menghadapi hujan abu vulkanik,” katanya, Jumat (21/2).

Bagi masyarakat memerlukan masker dengan membeli di apotek juga tetap dengan harga normal. Bahkan lebih banyak masker disediakan di Puskesmas yang masuk KRB (kawasan rawan bencana) III seperti di Kecamatan Kubu, Kecamatan Selat, Kecamatan Bebandem, dan Kecamatan Rendang. Tujuannya agar petugas BPBD yang bekerjasama dengan relawan saat memerlukan masker dengan mudah mendapatkannya. Terpisah, Kalak BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengakui selama ini Dinas Kesehatan menitipkan masker di Puskesmas yang wilayahnya di KRB III. *k16

loading...

Komentar