nusabali

Slot Penerbangan ke Bali Bakal Ditingkatkan

Buka Pasar Wisata Baru

  • www.nusabali.com-slot-penerbangan-ke-bali-bakal-ditingkatkan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkeraf) Wishnutama Kusubandio menyatakan strategi jangka pendek untuk pariwisata Bali sehubungan dengan virus korona adalah promosi dengan target pasar wisata baru dan menambah frekuensi (penerbangan) yang slotnya kosong.

DENPASAR,NusaBali  

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Wishnutama Kusubandio kepada media yang mewawancainya saat meninggalkan Kantor KPwBI Bali, Kamis (13/2).
 
Sebelumnya pernyataan  senada disampaikan saat memberi pengarahan  di sela-sela Seminar Pariwisata  dan Pengukuhan Bali CEB di ruang Tirta Gangga KPwBI Bali. “ Saya juga telah berbicara dengan Angkasa Pura untuk meningkatkan slot-slot penerbangan ke Bali dan memprioritaskan penerbangan internasional,” ujarnya.
 
Selain itu Menteri Wishnutama menyatakan akan berbicara dengan travel-travel agent untuk memberikan paket-paket yang kompetitif/discount perjalanan khusus dalam menghadapi hal ini.
 
“ Kami akan membuat bundled package penerbangan, akomodasi dan atraksi dengan harga yang kompetitif karena masa-masa sekarang ini adalah masa booking period yang sangat penting,” katanya.
 
Inbound strategy lainnya dalam menghadapi virus korona ini adalah dengan menarik berbagai event yang seharusnya hadir di China ke Indonesia.
 
Misalnya PGA Tour, Tournament Golf tingkat dunia ini tadinya akan dilaksankan di China tetapi kemudian dipindahkan dan diadakan pertama kali di Indonesia pada tahun ini.
 
Semua usaha tersebut  didukung dengan targeted digital marketing yang menyasar secara  spesifik kepada wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang batal ke Tiongkok untuk berkunjung ke Indonesia
 
Poin selanjutnya adalah masalah travel advice. Travel Advice ke Indonesia ini juga perlu diperbaiki “Di tanggal yang sama dengan keadaan Indonesia yang tanpa bencana sekalipun posisi kita dibandingkan dengan negara-negara tetangga berada di kuning dengan saran “exercise a high degree of caution”. Hal ini tentunya menghambat pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Kami telah berkoordinasi dengan K/L terkait seperti BNPB dan Polri untuk mengatasi hal ini,” ungkapnya.
 
Pada bagian lain penjelasanya Menteri Whisnutama menyatakan, pihaknya saat  ini sedang menerima masukkan dan berkoordinasi yang akan dibawa dalam rapat nanti dengan berbagai pihak diantaranya Kemenkeu, Kementerian Perhubungan, BUMN, sehingga nanti melahirkan strategi yang konprehensif.
 
Sementara Wagub Bali Tjokorda Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace, menyampaikan langkah-langkah apa  yang telah dilakukan Pemprov dan masyarakat Bali terkait penanggulangan  virus corona. Diantaranya pemasangan themormeter di Bandara Ngurah Rai. Juga langkah-langkah lain seperti persembahyangan bersama antara lain di Pura Ulun Danu Batur, Kintamani. Rencananya menyusul di Pura Agung Besakih.
 
Terkait hal tersebut Wagub Cok Ace beberapa rekomendasi kepada Pemerintah untuk penanggulangan virus corona  agar Bali segera pulih dari kekosongan wisman Tiongkok.
 
Antara lain mengupayakan langkah-langkah pencegahan dan kewaspadaan dari Pemerintah agar virus corona jangan sampai menginfeksi  ke Indonesia. “Kami mohon penyelenggaraan rapat-rapat /pertemuan agar digelar di Bali,” ujar Cok Ace.
 
Memberi dukungan pemotongan harga tiket pesawat bagi wisatawan nusantara yang ingin berwisata ke Bali. Kemudian lanjut Cok Ace, agar Pemerintah memberi dukungan bagi Bali untuk berpromosi menggalang wisman dari negara lain diantaranya Amerika, Australia, India dan negara lainnya.
 
“Memberi akses penerbangan langsung menuju Bali dari  negara-negara potensial wisman seperti India, Jepang,  Timur Tengah dan negara lainnya,.” kata Cok Ace. *K17

loading...

Komentar