nusabali

Soal Jembatan Jawa - Bali, Koster: Tidak Ada

  • www.nusabali.com-soal-jembatan-jawa-bali-koster-tidak-ada

Istilah ‘Trans Tol Jawa-Bali’ menimbulkan kesalahan penafsiran di kalangan masyarakat yang menganggap kedua pulau bakal dihubungkan dengan jembatan.

DENPASAR, NusaBali.com
Kabar bakal dibangunnya jembatan Selat Bali yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali kembali mencuat akhir-akhir ini. Gubernur Bali, Wayan Koster menegaskan wacana tersebut tidak akan terjadi. "Jembatan Jawa - Bali saya pastikan tidak ada. Itu gosip," tegasnya usai peresmian Peletakan Baru Pertama Kantor Majelis Desa Adat Bali, Senin (27/1/2020).

Koster mengimbuhkan saat ini tengah menyiapkan jalan tol yang menghubungkan Gilimanuk - Denpasar. "Untuk Gilimanuk - Denpasar karena padat, itu akan dibangun tol. Saya pastikan tol," sambungnya politikus kelahiran Buleleng ini.

Ia mengklaim rencana ini sudah mendapatkan lampu hijau dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) sudah setuju. Sudah dimasukkan dalam tata ruang, saya juga sudah urus di Kementerian Agraria dan Tata Ruang," sebutnya.

Jalan tol ini sebut Koster akan terintegrasi dengan jalan bypass yang menghubungkan beberapa Kabupaten/Kota di Bali. "Kalau kaitannya adalah di darat ada jalan tol, ada bypass. Bypassnya itu lanjutan dari Bypass Ngurah Rai dan Bypass Ida Bagus Mantra. Kemudian akan dilanjutkan ke Karangasem," ungkapnya.

Koster menyebutkan langkah awal sudah dilakukan studi kelayakan atau feasibility study oleh investor swasta. Namun ia tidak menyebutkan secara pasti pihak swasta yang akan digandeng dalam proyek ini. "Tahun ini final feasibility study oleh swasta. Mereka sudah memastikan. Saya sudah tanya dari segi bisnis apakah layak atau tidak, mereka bilang layak," tuturnya.

Ia menjelaskan pembangunan tol yang menghubungkan salah satu pintu masuk Bali dengan ibukota Provinsi Bali ini akan dijalankan secara bertahap. "Tahap satu itu rencana awalnya, mulai dikerjakan awal atau pertengahan 2021 kira-kira 40km," tutupnya.

Tol Trans Jawa sendiri, ujung baratnya ada di Merak. Sedangkan ujung timur nantinya ada di Banyuwangi. Saat ini sedang disiapkan ‘penyambungan’ tol dari Probolinggo ke Banyuwangi (Probowangi). Dan nantinya, konsep tol dari Banyuwangi ke Bali tetap memanfaatkan infrastruktur Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk. *has

loading...

Komentar