nusabali

Pande Lisa Borong 13 Emas

Kejurnas Renang Antar Sekolah

  • www.nusabali.com-pande-lisa-borong-13-emas

Jadi, ini bukan prestasi mengejutkan, namun di tingkat pelajar Pande Lisa memang belum ada pesaingnya di Indonesia.

DENPASAR, NusaBali

Perenang asal Bali Ni Putu Pande Lisa Primasari sukses menunjukkan prestasi terbaiknya pada Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi Se - Indonesia di Kulonprogo, Jogjakarta. Turun di tingkat pelajar SMP dan membela sekolahnya HS Primagama Denpasar memborong 13 medali emas dari 13 kategori.

Dengan hasil itu, perenang Pande Lisa sukses membawa sekolahnya masuk tiga besar dengan 13 emas dari total 137 medali emas yang diperebutkan. Sedangkan peringkat pertama diraih Ragunan Sport Jakarta dengan 24 emas, 20 perak dan 6 perunggu. Lalu peringkat dua SMPN 3 Kota Denpasar dengan 16 emas, 11 perak dan 5 perunggu.

Kejuaraan Renang Antar Sekolah diikuti 50 sekolah, mulai tingkat SD, SMP dan SMA. Hanya saja Pande Lisa turun di tingkat SMP dan dinobatkan sebagai perenang terbaik putri tingkat SMP.

"Jadi, ini bukan prestasi mengejutkan, namun di tingkat pelajar Pande Lisa memang belum ada pesaingnya di Indonesia," kata orangtua atlet, Putu Sudana, Minggu (26/1).

Menurut Putu Sudana, 13 medali emas itu diraih dalam kurun waktu berbeda. Hari pertama Jumat (24/1) meraih 4 emas, lalu hari kedua Sabtu (25/1) 5 emas, dan hari ketiga atau terakhir pada Minggu (26/1) meraih 4 emas. Secara keseluruhan meraih 13 emas. Artinya, semua kategori yang diikuti berhasil menyabet medali emas.

"Pande Lisa masih terbaik di tingkat SMP. Bahkan dia sering naik Kelompok Umur melawan seniornya yang masih SMA. Tapi, untuk saat ini murni ketemu perenang tingkat SMP," tandas Putu Sudana.

Diakui, anak semata wayangnya itu memang perenang asal Badung yang pindah membela klub Jaquatics DKI Jakarta sejak 6 Januari. Namun untuk saat ini mengusung nama sekolahnya.

"Lisa awalnya belajar renang di Klub Renang Takahide Klungkung, tapi sejak awal tahun resmi pindah ke DKI Jakarta. Namun kali ini mengusung nama sekolah HS Primagama Denpasar," tutur Putu Sudana.

Bagi Pande Lisa Kejuaraan Antar Sekolah di Jogjakarta ini sebagai ajang pemanasan sebelum mengikuti 56th Milo/Pram  Malaysia Invitational Age Group Swimming Championships 5-8 March 2020 di Bukit Jalil.

Menurut Putu Sudana, prestasi maksimal ini karena Pande Lisa belum mendapatkan lawan sepadan. Harapannya, Lisa bisa lebih bersaing dengan para perenang senior. *dek

Komentar