nusabali

Pipa Induk Pecah, Pasokan Air di Kuta Selatan Terganggu

  • www.nusabali.com-pipa-induk-pecah-pasokan-air-di-kuta-selatan-terganggu

Pasokan air bersih untuk pelanggan di Perum Nuansa Kori, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, mengalami gangguan selama empat hari terakhir.

MANGUPURA, NusaBali

Gangguan tersebut akibat pecahnya pipa induk di depan Primagama Taman Griya Jimbaran.  Direktur Teknik PDAM Tirta Mangutama I Wayan Suyasa mengakui adanya gangguan pasokan air bersih untuk warga di Perum Nuansa Kori tersebut. Gangguan itu disebabkan oleh pipa induk pecah. Terungkapnya pipa pecah setelah warga mengeluhkan debit air yang kecil pada Senin (20/1). Mendapati laporan itu, tim kemudian dikerahkan untuk memasok air dari IPA Siligita, Nusa Dua. Namun, air yang dialihkan ke pipa induk untuk warga Nuansa Kori itu tidak membuat debit air bertambah.

“Setelah itu tim melakukan penyisiran di jalur pipa menuju Nuansa Kori. Barulah diketahui ada kebocoran dua hari kemudian,” kata Suyasa, Minggu (26/1) siang.

Selama mengalami kebocoran, air yang dipasok itu tidak merembes ke permukaan. Hal ini membuat tim kesulitan menemukan titik kerusakan. Namun setelah ada tambahan pasokan air dari Siligita, barulah muncul rembesan air di depan Primagama Taman Griya Jimbaran. Kerusakan itu kemudian diperbaiki oleh tim teknis mulai Sabtu (25/1) pukul 13.00 Wita. Pengerjaan perbaikan pipa itu dilakukan hingga Minggu (26/1) sekitar pukul 01.00 Wita.

“Selama proses pengerjaan, warga di Perum Nuansa Kori memang mengalami kekurangan air bersih. Kalau dari laporan tim di lapangan, selama empat hari itu sudah terganggu pasokan airnya,” imbuh Suyasa.

Selama perbaikan dan kurangnya pasokan air, pihaknya mengerahkan mobil tangki untuk menyuplai air bersih kepada warga yang membutuhkan. Setelah perbaikan selesai pada Minggu dinihari, pasokan air bersih sudah normal.

“Selama ada perbaikan itu, kami memasok air bersih menggunakan mobil tangki. Jadi warga yang membutuhkan langsung menghubungi PDAM dan langsung dikerahkan mobil tangki. Kami mengerahkan empat unit mobil tangki. Saat ini (Minggu siang kemarin), pasokan sudah kembali normal,” kata Suyasa.

Suyasa mengungkap, kerusakan pipa air tidak hanya terjadi di Nuansa Kori Jimbaran. Namun, ada pula kerusakan di Jalan Raya Kampial dan Jalan Darmawangsa. Kerusakan kedua pipa itu sudah ditangani oleh timnya pada Sabtu hingga Minggu dini hari. Sehingga warga di Perum Raya Kampial dan Sawangan, Nusa Dua sudah mendapat pasokan air bersih. “Pascakerusakan pipa di Nuansa Kori, baru terungkap juga di Darmawangsa dan Kampial juga bocor. Tapi itu sudah diperbaiki semua dan kembali normal,” akunya.

Secara terpisah, Lurah Jimbaran I Ketut Rimbawan membenarkan terkait adanya gangguan tersebut. Namun gangguan itu sudah ditangani. “Memang sempat ada laporan dari kepala lingkungan, beberapa hari belakangan ini ada gangguan pasokan air. Tapi sudah normal mulai tadi (kemarin),” kata Rimbawan. *dar

loading...

Komentar