nusabali

Garuda Select Alami Perkembangan Positif

  • www.nusabali.com-garuda-select-alami-perkembangan-positif

Garuda Select sudah berlatih sekitar empat bulan di Inggris maupun Italia.

MILAN, NusaBali

Para pemain merasakan banyak perkembangan selama mengikuti program yang dilatih duet Des Walker dan Dennis Wise ini. Pemain belakang Garuda Select, Edgard Amping bersyukur ia telah menjalani uji coba dengan tim Inggris dan Italia. Ia jadi merasakan pengalaman menghadapi lawan dengan teknik bagus seperti tim Italia dan lawan yang mengandalkan fisik layaknya tim Inggris. “Kalau soal perkembangan selama empat bulan cukup banyak. Mulai dari teknik, visi bermain, kerja sama tim, dan komunikasi,” ucap Edgard.

Sementara Arsa Ahmad merasakan perkembangan dari sisi fisik. Ini merupakan faktor penting bagi setiap pemain untuk bermain konstan selama 90 menit. “Yang paling penting sih perkembangan fisik karena kami di sini ditempa fisik. Setiap tiga kali seminggu kami latihan gim,” ujar Arsa.

“Soal perbedaan Inggris dan Italia ada perbedaannya tapi tidak terlalu banyak. Permainan di Italia lebih fokus ke teknik mereka bermain build-up dari bawah bisa sampai ke depan dengan baik,” ucap bek kiri Garuda Select, Edgard Amping.

Sementara itu, menurut Arsa Ahmad anak-anak Inggris lebih fokus kepada fisik. Sangat banyak benturan badan di setiap pertandingan yang dijalani. “Kalau Inggris itu lebih banyak tentang fisiknya. Adu fisiknya, tentang benturan badan, otot-otot semua, kalau di Inggris seperti itu,” ujar Arsa.

Bagi Arsa, lawan-lawan di Inggris dan Italia sama-sama sulit. Para pemain harus bisa beradaptasi dengan cepat untuk bisa mengalahkan lawan dengan karakter berbeda. “Sama-sama sulit kalau yang satu lebih sulit di faktor bagian fisik, yang satu lagi bagus di bagian teknik,” lanjut Arsa.

Garuda Select angkatan kedua akan menjalani pertandingan uji coba mereka di Italia. Setelah menghadapi dua tim asal Turin, yakni Torino U-17 dan Juventus U-17, skuad asuhan Des Walker dan Dennis Wise akan bertanding kontra Inter Milan U-17 di Suning Youth Development Centre, Milan, Rabu (22/1).

Di sela-sela persiapan, David Maulana dan kawan-kawan menyempatkan diri berkunjung ke San Siro guna menyaksikan langsung laga Serie A antara AC Milan menghadapi Udinese. Laga sengit itu sukses dimenangi tuan rumah dengan skor tipis. 3-2. Menyaksikan langsung bintang-bintang Serie A bertanding menjadi pengalaman langka yang amat disyukuri skuad Garuda Select. Selain terhibur dengan jalannya pertandingan, mereka mengaku mendapat banyak pelajaran yang dipetik dari laga tersebut. "Senang dapat kesempatan ke San Siro! Manfaat yang kami dapat adalah kami bisa melihat secara langsung bagaimana tim senior Italia bermain, dan mengevaluasi permainan kami sebelumnya," tutur David.

Bagi David, melihat langsung permainan tim sebesar AC Milan sangat bermanfaat bagi perkembangan kariernya. Banyak hal positif yang menurutnya dapat diimitasi dari gaya bermain, maupun sikap mereka di atas lapangan.

"Selain menambah pengalaman, kami juga bisa meniru hal positif dari mereka (pemain Serie A) dan mengimplementasikannya untuk karier ke depan," tambah pemain kelahiran 25 April 2002 itu. *

loading...

Komentar