nusabali

Perang Bumi dan Langit

Derbi Espanyol vs Barca, Dinihari Nanti

  • www.nusabali.com-perang-bumi-dan-langit

Setelah break natal dan tahun baru, Barcelona dinanti laga tak ringan melawan Espanyol, dalam Derbi Catalan pertama musim ini, di RCDE Stadium, Minggu (5/1) dinihari Wita.

BARCELONA, NusaBali

Layaknya laga derbi, duel Espanyol versus Barca ini diprediksi tetap seru dan sengit, meski posisi kedua tim saat ini bak bumi dan langit.

Espanyol sebagai tuan rumah terdampar jadi juru kunci klasemen LaLiga musim ini, karena baru meraih poin 10 dari 18 laga. Sedangkan Barca di puncak klasemen dengan poin 38 juga dari 18 laga.

Namun, tetap saja aroma khas laga derbi tercium. Barcelona dan Espanyol sudah saling melempar "ejekan" satu sama lain menjelang laga derby itu. Diawali unggahan Barca di Twitter, Kamis (2/1) waktu setempat, Blaugrana mengunggah cuplikan video aksi-aksi pelatih Espanyol, Abelardo Fernandez, saat mencetak gol semasa berkostum Barcelona.

Abelardo Fernandez pernah jadi bagian Blaugrana saat jadi pemain aktif, selama delapan tahun, pada 1994-2002. Pelatih baru Espanyol itu ikut mempersembahkan di antaranya dua gelar La Liga bersama Barcelona.

"Abelardo, pelatih anyar Espanyol dengan masa lalu di Barcelona, 257 pertandingan, 17 gol," tulis Barcelona, menyertai unggahan tersebut.

Namun, unggahan Barcelona itu sepertinya jadi senjata makan tuan. Tidak lama setelah unggahan itu muncul, Espanyol melakukan "pembalasan". Los Periquitos juga mengunggah hal mirip.

Mereka menyinggung keberadaan Ernesto Valverde, pelatih Barcelona, semasa bermain buat Espanyol pada 1988-1990. Valverde juga pernah membesut Espanyol pada 2006-2008.

Namun bukan kali ini saja psywar terjadi di Derbi Catalan. Bek Barca, Gerrard Pique, kerap jadi sasaran. Satu di antaranya pada 2016, saat sudut Stadion RCDE, terdapat spanduk bertuliskan "Shakira milik semua orang". Ya, Shakira adalah pasangan Pique, yang berprofesi sebagai penyanyi papan atas.

Lalu pada 2007, pelatih Barca ketika itu, Frank Rijkaard, melampiaskan kekesalan dengan merusak bangku pemain cadangan setelah tim asuhannya kalah 1-3 dari Espanyol, yang dilatih Valverde.

Terakhir ke markas Espanyol di La Liga musim lalu, Barca menang 4-0. Kini Barca diunggulkan menang. Namun, Barca tidak memandang remeh sang rival sekota. Pasalnya, derby kadang menyajikan hasil yang tak terduga. *

loading...

Komentar