nusabali

Mobil UPS PLN Dukung Program ‘Bali Clean and Green’

  • www.nusabali.com-mobil-ups-pln-dukung-program-bali-clean-and-green

Perusahaan Listrik Negara (PLN) saat ini menyediakan fasilitas sambungan listrik sementara yang sangat simpel dan ramah lingkungan bernama mobil Uninterruptile Power Supply (UPS).

SINGARAJA, NusaBali

Powerbank jumbo yang juga portable ini pun kini sedang dimasyarakatkan untuk mendukung program ‘Bali Clean and Green’ Provinsi Bali.

Mobil UPS itu pada Selasa (31/12) lalu terlihat parkir di depan Gedung Serbaguna Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng. Mobil UPS itu disiapkan untuk penambahan daya listrik pada acara perayaan pergantian tahun. Manajer ULP Tejakula, Ketut Suastika, ditemui di lokasi acara mengatakan mobil UPS ini baru didapatkan PLN Area Bali Utara pada  Oktober 2018.

Mobil Powerbank berjalan ini biasanya digunakan dalam program layanan ‘Bali Green Flash’ seluruh PLN di Bali. “UPS ini memang disiapkan PLN untuk program layanan ‘Bali Green Flash’ yang ternyata sangat nyambung dan mendukung program pemerintah ‘Bali Clean and Green’,” jelas Suastika.

Dia juga menambahkan mobil UPS ini selain ramah lingkungan dengan tak menghasilkan polusi udara dan polusi suara, juga sangat cocok digunakan saat acara-acara besar yang memerlukan suplai kelistrikan lebih andal.Powerbank jumbo yang terhubung langsung dengan jaringan listrik utama dengan sistem bypass selain menyimpan langsung daya, juga dapat langsung tersambung dengan cepat saat terjadi gangguan. Bahkan kecepatan penyambungan aliran listrik otomatis itu memiliki kecepatan 0,04 milisecond dan tanpa kedip yang sangat cocok untuk event-event yang menggunakan peralatan sensitif terhadap tegangan. Seperti event festival dan event musik.

Mobil UPS yang dimiliki PLN Area Bali Utara berkapasitas 100.000 VA atau setara dengan 100 KVA. Daya listrik yang tersimpan dalam mobil UPS ini pun dapat mensuplai aliran listrik selama 8 jam non stop. Keunggulan mobil UPS ini juga disebut PLN sedang dimasyarakatkan untuk dapat digunakan di tempat-tempat penyelenggaraan acara dengan kelistrikan yang lebih ramah lingkungan. “Kemarin saat acara Buleleng Festival dan beberapa event lainnya, kami sudah sukses seratus persen. Kami imbau masyarakat untuk memakai UPS ini, karena kalau biasanya menggunakan genset ada polusi udara dan bising, UPS tidak ada polusi sedikitpun,” imbuh dia.*k23

Komentar