nusabali

Sore Ini, Jalan Sudirman Jembrana Ditutup

  • www.nusabali.com-sore-ini-jalan-sudirman-jembrana-ditutup

Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan (PKP) Jembrana akan memberlakukan rekayasa arus lalu lintas pada Selasa (31/12).

NEGARA, NusaBali

Ruas Jalan Sudirman Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, akan ditutup berkenaan perayaan Tahun Baru 2020 yang akan dipusatkan di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana. Arus lalu lintas di jalur Denpasar – Gilimanuk akan dialihkan ke Jalan Ngurah Rai.

Kepala Bidang Perhubungan Dinas PKP Jembrana Anak Agung Kade Oka Diputra, Senin (30/12), mengatakan pada awal perayaan yang dimulai dengan jalan sehat, Selasa pagi, belum dilakukan pengalihan arus, lantaran kegiatan tidak melalui ruas jalan nasional. Pengalihan arus dilakukan saat acara hiburan di GKBK Jembrana dimulai, yang dijadwalkan pukul 15.00 Wita.

“Rencananya Jalan Jendral Sudirman akan ditutup, dan dialihkan satu jalur. Tapi kami juga melihat situasi di lapangan. Kalau arus lalu lintas begitu padat, dan sangat membahayakan bagi keselamatan warga yang akan menuju Gedung Kesenian, maka kami tutup dua arah, dan semuanya diarahkan ke Jalan Ngurah Rai,” paparnya.

Pengalihan arus lalu lintas dari arah Denpasar menuju Gilimanuk, akan dialihkan di persimpangan traffic light Batuagung. Sedangkan yang dari arah barat atau dari arah Gilimanuk, akan dialihkan di Jalan Sutomo. Berkenaan rekayasa arus lalin tersebut, pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan, agar berusaha mencari jalan alternatif, sehingga tidak terjebak kepadatan arus lalin yang nantinya akan difokuskan di Jalan Ngurah Rai. “Yang akan ke Gedung Kesenian, kami sediakan beberapa kantong parkir,” ujarnya.

Selain Jalan Sudirman, sambung Agung Oka, Jalan Hasanudian di barat GKBK Jembrana, juga akan ditutup satu jalur pada lajur timur sebagai kantong parkir kendaraan roda dua. Jalan Kartini di sebelah timur GKBK Jembrana juga akan ditutup untuk kantong parkir. “Yang di Jalan Kartini juga kami siapkan sebagai tempat parkir sepeda motor, termasuk di seputaran Jalan Surapati (seputaran Taman Pecangakan seberang GKBK Jembrana). Sedangkan untuk mobil, kami akan manfaatkan tempat parkir di Kebun Raya Jagatnatha,” ucapnya, yang mempersiapkan 40 personel untuk mengatur arus lalu lintas saat perayaan tahun baru hari ini.

Sementara Kanit Patroli Satlantas Polres Jembrana Iptu I Nyoman Yasa, mengatakan, ada sebanyak 180 personel kepolisian yang akan dikerahkan untuk mengatur lalu lintas maupun mengamankan perayaan tahun baru hari ini. Dalam perayaan tahun baru, pihaknya tidak memperkenankan adanya konvoi kendaraan dan euforia berlebihan di jalan.

“Volume keramaian nanti pasti akan meningkat. Untuk itu, kami berharap tidak ada aksi-aksi konvoi. Walaupun tahun baru, terhadap pelanggaran di jalan, seperti kelengkapan keselamatan berkendara, ugal-ugalan, maupun spesifikasi kendaraan berknalpot bronk dan mengganggu kenyamanan, keamanan dan keselamatan berlalu lintas, tetap akan kami lakukan penindakan,” ujarnya. *ode

Komentar