nusabali

1 Ha Lahan Kebun Cengkih Terbakar di Yeh Mekecir

  • www.nusabali.com-1-ha-lahan-kebun-cengkih-terbakar-di-yeh-mekecir

Api membakar lahan kebun milik Ida Bagus Kade Tantra di Banjar Yeh Mekecir, Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, Minggu (10/11) siang.

NEGARA, NusaBali

Kebakaran yang belum diketahui pemicunya ini meludeskan sekitar 1 hektare (ha) dari 5 ha lahan kebun yang ditanami pohon cengkih tersebut. Kebakaran lahan kebun ini pertama kali diketahui warga pada sekitar pukul 13.00 Wita. Api yang telah merembet ke semak belukar serta dedaunan kering di areal lahan kebun tersebut, segera dilaporkan ke petugas Seksi Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Jembrana, yang kemudian menerjunkan 3 unit mobil damkar ke lokasi.

Kasi Damkar Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP Jembrana Kade Bagus Darmawan, mengatakan saat tiba di lokasi, api sudah menyebar. Untuk menangani kebakaran lahan kebun tersebut dan agar tidak semakin meluas, jajarannya melokalisir titik api dengan melakukan penyemprotan serta pemadaman dengan menggunakan ranting pohon dibantu warga sekitar. “Kami utamakan melokalisir api. Beberapa titik kami padamkan secara manual, karena lokasi kebun yang ada di perbukitan,” ujarnya.

Kebakaran lahan kebun itu berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.30 Wita atau dengan lama penanganan hampir 2,5 jam. Untuk memadamkan api, salah satu mobil damkar sempat harus balik mengambil air, dan menghabiskan total sebanyak 4 tangki air. “Untuk penyebab dan kerugian belum diketahui. Yang pasti tidak ada korban luka maupun jiwa. Untuk yang terbakar kebanyakan semak-semak dan dedaunan kering. Sedangkan pohon cengkih, ada beberapa terbakar di bawahnya,” ucap Darmawan yang memimpin langsung pemadaman kebakaran lahan kebun tersebut. *ode

loading...

Komentar