nusabali

Milla atau Tae-yong Latih Indonesia

  • www.nusabali.com-milla-atau-tae-yong-latih-indonesia

PSSI resmi memberhentikan Simon McMenemy dari kursi pelatih Timnas Indonesia.

JAKARTA, NusaBali

Pemecatan Simon itu terjadi menyusul kegagalan Tim Garuda pada kualifikasi Piala Dunia 2022. Partai kontra Malaysia di penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, akan jadi laga terakhir sekaligus perpisahan pelatih asal Skotlandia itu bersama Indonesia.

Pertandingan kelima Indonesia di penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini akan digelar di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Malaysia, 19 November.

Dari tujuh laga Indonesia di bawah asuhan Simon hanya memenangi dua laga, menang atas Myanmar 2-0 dan Vanuatu 6-0. Namun kemenangan itu dicatatkan dalam laga uji coba.

Setelah itu, Indonsia mengalami keterpurukan. Dalam laga kualifikasi, Andrytani dkk belum pernah menang. Terbaru, pada Rabu (6/11), PSSI mengucapkan terima kasih kepada Simon atas kerja samanya selama ini. Artinya, pelatih 41 tahun itu tak lama lagi angkat kaki dari kursi kepengurusan Timnas.

Lalu PSSI disebut menyiapkan dua nama bakal pengganti Simon McMenemy. Yakni, Luis Milla dan mantan pelatih Korea Selatan, Shin Tae-yong. Melansir dari Transfermarkt, Bola.com telah merangkum sederet perbandingan antara Luis Milla dan Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong pelatih asal Korea Setalan berusia 50 tahun. Luis Milla pelatih asal Spanyol berusia 53 tahun pada 12 Maret 2019.

Shin Tae- pernah menukangi Seongnam FC, Timnas Korea U-23, dan Timnas Korea Selatan. Dari tiga tim tersebut, Shin mencatatkan 55 kemenangan, 30 seri, dan 55 kekalahan dari 140 laga.

Shin juga membawa Seongnam FC menjuarai Liga Champiosn Asia pada 2010. Kala menukangi Timnas Korea Selatan U-23, prestasinya jauh lebih baik lagi.

Shin menjadi pelatih yang mempersembahkan juara EAFF E-1 Football Championship 2017. Bersama Timnas Korea Selatan, Shin setidaknya menang 2-0 atas Jerman di fase grup Piala Dunia 2018.

Luis Milla juga punya catatan menarik. Dia mengantongi 51 kemenangan, 27 hasil seri, dan 28 kekalahan dari 106 pertandingan yang telah dilalui.

Bersama Timnas Spanyol U-19, Milla menjadi runner-up Piala Eropa U-19 pada 2010. Bersama Timnas Spanyol U-21, Luis Milla menjadi juara Piala Eropa U-21  pada 2011. Bersama Indonesia U-22, Luis Milla meraih perunggu pada kompetisi SEA Games 2017. *

loading...

Komentar