nusabali

BPBD Salurkan 10.000 Liter Air di Empat Banjar

  • www.nusabali.com-bpbd-salurkan-10000-liter-air-di-empat-banjar

BPBD Karangasem suplai 20.000 liter air bersih untuk empat banjar di Desa Tianyar Tengah dan Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem, Rabu (23/10).

AMLAPURA, NusaBali

Keempat banjar itu yakni Banjar Baturinggit Kaja dan Banjar Bantas Desa Baturinggit dan Banjar Penginyahan serta Banjar Pedahan Kaja Desa Tianyar Tengah. Masing-masing banjar dapat bantuan 5.000 liter air. Bantuan air di Banjar Baturinggit Kaja untuk 6 KK, Banjar Bantas 7 KK, Banjar Penginyahan 10 KK, dan Banjar Pedahan Kaja 30 KK.

Pada Minggu (20/10), BPBD bagikan bantuan air ke Banjar Juntal Kelod, Desa Kubu, Kecamatan Kubu sebanyak 10.000 liter. Bantuan diterima Kelian Banjar I Nengah Suta untuk dibagikan kepada 50 KK. Begitu juga untuk warga di Banjar Juntal Kaja, Desa/Kecamatan Kubu sebanyak 5.000 liter diterima Kelian Banjar I Komang Sudana. Disalurkan untuk 30 KK, di Banjar Sambilaklak untuk 15 KK. Bantuan dari BPBD itu terlebih dahulu disalurkan ke cubang-cubang umum. Dari cubang itu dibagi-bagikan kepada warga yang membawa ember atau jirigen.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan daftar antre permohonan bantuan air bersih cukup banyak. BPBD hingga kewalahan melayani bekerjasama dengan Dinas Sosial dan PMI Karangasem yang memiliki mobil tangki. Sementara Kelian Tempek Empakan Linggah di Banjar Muntigunung Kangin, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu I Made Sutama mengeluhkan belum dapat giliran bantuan air dari pemerintah. “Kami dari Subak Empakan Linggah, beranggotakan 45 KK, belum dapat bantuan air bersih,” ungkapnya.

I Made Sutama mempertanyakan teknis mendapatkan bantuan itu. Akhirnya diberikan penjelasan mengajukan permohonan secara lisan ke kelian banjar, selanjutnya kelian banjar meneruskan ke perbekel untuk merekomendasi ke BPBD atau Dinas Sosial. Terpisah, Kadis Sosial Ni Ketut Puspa Kumari, mengaku siap membantu air bersih berdasarkan surat rekomendasi perbekel. “Kamia kan taunya warga minta bantuan dari surat rekomendasi itu, biar tidak salah sasaran,” katanya.  *k16

Komentar