nusabali

Dulunya Jadi Kolam Renang Para Tentara

  • www.nusabali.com-dulunya-jadi-kolam-renang-para-tentara

Kolam Koi Pura Tirta Empul Jadi Habitat 3.000 Ikan

GIANYAR, NusaBali

Selain dikenal dengan kolam tempat Malukat, kolam Koi di jaba siai Pura Tirta Empul, Desa Pakraman  Manukaya Let, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, juga menjadi daya tarik wisata. Tidak saja wisatawan asing maupun domestik, masyarakat lokal Bali juga tertarik berkunjung untuk sekadar melihat kawanan ikan koi berukuran jumbo dalam kolam. Sering kali, pengunjung pura mengabadikan foto dengan latar belakang kolam penuh ikan koi ini.

Sebelum tahun 2003, kolam Koi ini awalnya adalah kolam renang. Di era 1967, kolam ini menjadi tempat latihan renang para tentara. Namun seiring berjalannya waktu, keberadaan kolam renang dalam pura dinilai kurang elok, sehingga disulap jadi kolam ikan koi. "Jika dihitung, saat ini ada sekitar 3.000 ikan jenis koi yang hidup dalam kolam," ungkap Penyarikan Desa Adat Manukaya Let, I Made Kuntung, Selasa (1/10).

Dikatakan, ukuran ikan Koi yang ada saat ini bisa mencapai bobot rata-rata 3 kilogram. Namun, jenis Koi dalam kolam diakui hanya jenis Koi kw. "Kolam ini diuruk dan direnovasi tahun 2003, kemudian diisi Koi yang jumlahnya mencapai 3.000 ekor,” ujarnya.

Dijelaskan, sebelum jadi kolam Koi, tahun 1967 kolam ini biasa jadi tempat renang tentara dan masyarakat sekitar. "Ada yang berenang sebelum melukat. Ada pula yang setelah melukat, kembali nyemplung ke kolam renang," jelasnya. Ketika itu, areal kolam hanya dikelilingi padang ilalang. Jauh berbeda dengan kondisi sekarang yang sudah dikelilingi tembok panyengker permanen.

Dari segi ukuran juga mengalami perubahan. Dari ukuran awal kolam renang memiliki lebar 12 meter dan panjangnya 24 meter dengan kedalaman mencapai 2,5 meter. Kini, tetap selebar 12 meter, panjangnya jadi 20 meter dengan kedalaman hanya 1,5 meter. "Kolam ini dikelola masyarakat setempat, tetapi tidak menggunakan tarif. Cukup donasi atau dana punia saja,” ungkap Kuntung.

Setelah jadi kolam ikan, kolam tersebut nampaknya sangat menarik perhatian pengunjung baik wisatawan maupun pemedek yang selesai melukat. Karena tidak jarang mereka datang ke kolam itu hanya sekadar untuk berfoto, sampai memberi ikan makan yang sudah disediakan oleh petugas. Sehingga kolam berisikan ribuan ikan koi itu menjadi salah satu tempat yang favorit untuk beristirahat di kawasan Pura Tirta Empul. *nvi

Komentar