nusabali

Diterjang Abrasi, Warga Kehilangan Tanah di Pantai Soka

  • www.nusabali.com-diterjang-abrasi-warga-kehilangan-tanah-di-pantai-soka

Abrasi di Pantai Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Tabanan, semakin parah. 

TABANAN, NusaBali
Pondasi bangunan milik para pedagang di tepi pantai juga hancur diterjang ombak tinggi. Tak hanya itu, sejumlah warga juga telah kehilangan tanah warisan leluhur akibat terjangan abrasi.  

Salah seorang pedagang yang juga pemilik tanah di tepi Pantai Soka, Ni Nyoman Suiki mengaku tanahnya telah tergerus abrasi seluas 7 are. Tanah warisan yang sebelumnya ditanami pohon kelapa itu telah hilang karena lautan semakin merongrong dan meluas ke arah utara. Hilangnya tanah warisan leluhurnya tidaklah seketika, melainkan sedikit demi sedikit terkikis ombak. “Abrasi parah terjadi dari tahun 2012. Setelah diukur tanah kami hilang seluas 7 are,” ungkap Suiki, Senin (4/7).  

Dikatakan, sekitar tahun 190-an, pantai masih jauh sekitar 20 meter dari Balai Penimbangan Ikan. Namun saat ini air laut semakin ke utara, hanya berjarak sekitar 10 meter dari Balai Penimbangan Ikan. “Jika terjadi ombak pasang, seperti beberapa minggu lalu. Bangunan Balai Penimbangan Ikan ikut dihantam gelombang,” ungkapnya. Pada Kamis (9/6) lalu, pondasi Balai Penimbangan Ikan jebol akibat pasirnya terkikis air laut. 

Suiki menceritakan, mulanya punya tanah warisan seluas 12 are. Namun hasil pengukuran terakhir tersisa hanya 5 are. Krama asal Banjar Bonian, Desa Antap, Selemadeg, Tabanan ini pun semakin cemas sisa tanah warisan leluhurnya dalam jangka waktu lama akan hilang tergerus abrasi. Ia pun mempertanyakan kenapa Pantai Soka tidak seperti pantai lainnya di Tabanan yang diisi penahan gelombang. “Contohnya di Pantai Yeh Gangga (Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan red) ada penahan gelombang. Di Pantai Soka kok tidak ada?” tanyanya. 

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Tabanan, I Made Subagia mengatakan, telah beberapa kali turun ke Pantai Soka. Secara resmi Diskanlaut telah berkirim surat ke Balai Wilayah Sungai Bali Penida terkait abrasi di Pantai Soka. Dijelaskan, abrasi bukanlah kewenangan Diskanlaut Tabanan. Pemkab Tabanan akan memfasilitasi penanggulangan abrasi di Pantai Soka. 7 cr61

Komentar