nusabali

ABK Ikan Hilang di Pantai Soka

  • www.nusabali.com-abk-ikan-hilang-di-pantai-soka

TABANAN, NusaBali - Seorang ABK (anak buah kapal) Ali Syaifuloh,30, dikabarkan tenggelam saat melaut di perairan Pantai Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Tabanan, Rabu (7/2). Korban dilaporkan tenggelam setelah jatuh saat menebar jaring ikan.

Tim gabungan pun segera mencari korban. Tim ini mulai dari Basarnas Bali, Polsek Selemadeg, Pol Airud Polres Tabanan, BPBD Tabanan, Buana Bali Rescue, Tagana Selemadeg Tabanan, RAPI Selemadeg hingga kelompok Nelayan Mina Segara Pantai Soka. 

Informasi dihimpun, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.30 Wita. Saat itu, korban Ali Syaifuloh yang merupakan ABK kapal Riski Mubarok ikut menangkap ikan dengan ABK lain. Kapal Riski Mubarok tersebut bergerak dari dari Pelabuhan Pengambengan Negara Jembrana sekitar pukul 16.00 Wita. 

Sampai di perairan Soka sekitar pukul 11.30 Wita, ABK lain bermaksud menurunkan jaring untuk menangkap ikan. Tiba-tiba saja korban yang tinggal di Banjar Balian, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana ini jatuh langsung tenggelam dan hilang. 

Secara cepat ABK lain yang melihat itu langsung melaporkan ke nahkoda. Nahkoda memerintahkan juri mudi untuk berhenti serta menyalakan lampu untuk melakukan pencarian. Hanya saja hingga malam korban tak kunjungan ditemukan sehingga dilaporkan kepada pihak polisi. 

Kapolsek Selemadeg Kompol I Nyoman Sugianyar Andika mengatakan setelah laporan diterima, personel Polsek Selemadeg langsung menuju lokasi kejadian.  Pencarian dengan melibatkan tim gabungan langsung melakukan penyisiran di Pantai Soka menggunakan Rubber Boat/RIB 01 Gilimanuk dan Pesawat Doren Thermal milik Basarnas Denpasar.

Namun, kata Kompol Andika, pencarian pada Rabu dilakukan sampai pukul 17.30 Wita. Sebab cuaca saat itu tidak mendukung karena hujan lebat. "Jadi pencarian dilanjutkan Kamis ini (kemarin,REd) dimulai sekitar pukul 07.00 Wita," jelasnya, Kamis (7/2).

Hingga Kamis kemarin, keberadaan korban belum ditemukan. Tim masih fokus melakukan pemantauan di dua lokasi. "Tim pencairan dibagi dua, ada yang memantau di Pantai Soka dan yang memantau di Pantai Antap," tandas Kompol Andika.7des

Komentar