nusabali

Gianyar Berlakukan Satpol PP Jaga Desa

  • www.nusabali.com-gianyar-berlakukan-satpol-pp-jaga-desa

Tujuannya, tiada lain mempercepat koordinasi dan komunikasi dari desa ke kabupaten.

GIANYAR, NusaBali

Pemkab Gianyar melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar (Pemadam Kebakaran) Gianyar, kini menyiapkan personel Satpol PP jaga desa. Tujuannya, tiada lain mempercepat koordinasi dan komunikasi dari desa ke kabupaten jika terjadi bencana.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi lintas instansi melibatkan pemerintah desa dan kelurahan di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Rabu, (4/9). Rapat dipimpin Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar I Made Watha.

Rapat ini untuk menyamakan persepsi dalam penegakan Perda, Peraturan Kepala Daerah (Perkada), ketertiban umum dan masalah pemadam kebakaran. Kasatpol PP Made Watha menyebut akan menyiagakan masing-masing seorang personel untuk 64 desa di Kabupaten Gianyar. Tujuannya, tiada lain mempercepat koordinasi dan komunikasi dari desa ke kabupaten. "Aparat Satpol PP selama ini baru di-Bantuan Kendali Operasi (BKO)-kan 10 orang di kecamatan," jelas Watha. Satpol PP di desa nantinya bertugas merekam, mencatat, melaporkan dan menindaklanjuti. Selanjutnya mengkordinasikan dengan OPD terkait hal-hal yang menyangkut ketertiban dan kententraman masyarakat. “Ini untuk meuwujudkan masyakarat agar aman dan nyaman,” terang Watha.

Setiap personel Satpol PP ditekankan untuk menegakkan Perda Nomor 15 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat. Perda tersebut mengatur ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Meliputi, tertib lalulintas, tertib tempat-tempat umum/fasilitas umum, tertib tempat usaha, tertib sungai, saluran air dan kolam, tertib lingkungan, tertib sosial, tertib bangunan dan penghuni bangunan, tertib kesehatan, dan tertib tempat hiburan, dan keramaian.

Kata Watha, berdasar temuan di lapangan banyak ditemui warga yang membuat usaha-usaha. Namun belum memiliki ijin usaha, seperti usaha rumah kos maupun vila. Sehingga dengan adanya rapat koordinasi ini, pihak desa atau kelurahan bisa dengan cepat melaporkan jika ada pelanggaran-pelanggaran di wilayahnya.

Selain itu, tahun 2020 juga dirancang pelantikan massal anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di seluruh Kabupaten Gianyar yang sebelumnya akan diberikan pelatihan. Karena saat ini Linmas sudah berada di bawah Dinas Satpol PP dan Damkar. Sehingga nantinya, bisa bersinergi dengan pecalang, Babinkamtibmas, Bimas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat di wilayahnya.*nvi

Komentar