nusabali

Film Bali Beats of Paradise Jadi Promosi Pariwisata Bali

  • www.nusabali.com-film-bali-beats-of-paradise-jadi-promosi-pariwisata-bali

Film ‘Bali Beats of Paradise’ diyakini mampu menjadi media diplomasi dan promosi bagi Indonesia, khususnya  industri pariwisata Bali. 

DENPASAR, NusaBali

Sekaligus  mengingatkan dan menjadi  pelajaran bahwa Indonesia,khususnya Bali memiliki budaya  yang luar biasa. Hal tersebut terungkap di sela-sela nonton bareng kalangan pengusaha  industri pariwisata Bali pemutaran  perdana film ‘Bali Beats of  Paradise’ yang disutradarai Livi Zheng  di Trans Studio Mall, Denpasar, Kamis(22/8).

Selain tidak kurang dari 700 orang pengusaha industri  pariwisata Bali ,  ikut nonton bareng  adalah Menpora Imam  Nahrahwi didampingi Wagub Bali  Tjokorda Oka Arta  Ardhana Sukawati atau  Cok Ace, yang juga Ketua PHRI Bali,Plt Kadiparda Bali I Putu Astawa, Ketua GIPI Bali Ida Bagus Agung Partha Adnyana,  Wakil Ketua PHRI Bali yang juga Ketua PHRI Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya.Juga  hadir  Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (KpwBI)Trisno  Nugroho.

Menpora Imam Nahrawi, mengapresiasi film Bali Beats of Paradise tersebut. “Ini mengandung edukasi dan promosi tentang gamelan, dan ada romantisme dan lain sebagainya. Menurut saya film ini sangat layak ditonton oleh semua  kalangan,”ujarnya usai  menonton.

Kata  Menpora,  generasi  muda harus menyadari bahwa akar budaya harus dijunjung tinggi. “Harus dipelajari, sehingga dimanapun kita berada dalam satu bingkai dan rasa  yang mendalam terhadap budaya dan tradisi kita,” tegasnya.

Diapun mengapresiasi  sosok seniman I Nyoman Wenten, yang sudah lama berkorban meninggalkan Bali dan dedikasinya terhadapg  gamelan. “Sehingga gamelan sekarang tak hanya milik Bali, tetapi milik dunia,” ujarnya.

Sementara Wagub  Cok Ace, mengatakan film ‘Bali Beats of  Paradise’ , meningkatkan bahwa budaya, seni khususnya seni musik memberikan ruang pengabdian  untuk Bali khususnya, dan untuk Indonesia. “Nyoman Wenten dengan bakat dan kemampuannya bermain musik , telah menunjukkan  dedikasinya untuk Bali memperkenalkan kepada seluruh dunia,” ujar tokoh asal Puri Agung Ubud, Gianyar.

Cok Ace  optimis film ‘Bali Beats  of Bali mampu meraih  1 juta penonton tercapai. “ Yakin dengan film tadi, budaya Bali lebih dikenal di luar negeri,”ujarnya.

Kalangan pelaku dan pengusaha pariwisata menyatakan film ‘Bali Beats of Paradise’ sebagai bentuk diplomasi dan promosi luar biasa  pada  budaya dan  pariwisata Bali di luar  negeri. “Ini yakin akan memberi impact , ”ujar  Wakil Ketua PHRI  Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya.  Dia mengingat film tentang Bali lainnya yang dibuat Julia Robert , Eat Pray Love (EPL),  yang juga berimbas positif pada Bali.Karena itu, industri  mendukung beramai- ramai menonton film ‘Bali Beats  of  Paradise’. “Begitu beragamnya kebudayaan kita, ini moment  penting  kita  full suport,”tegasnya.

I Nyoman Wenten pilih merendah. Dia berharap, masyarakat  Bali ‘merestui’film  tersebut. Bagi Wenten, hal ini  merupakan kesempatan yang luar biasa, untuk lebih memperkenalkan Bali dengan budayanya kepada masyarakat  luas. “Di Amerika pun kepada mahasiswa saya sampaikan mereka harus pernah ke Bali, karena Bali memiliki budaya yang luar biasa,”ucapnya didampingi istrinya Nanik Wenten. *k17

loading...

Komentar