nusabali

Kwaran Kubu dan Manggis Juara KSC

  • www.nusabali.com-kwaran-kubu-dan-manggis-juara-ksc

Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Kubu dan Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Manggis menjuarai KSC (Karangasem Scouts Competition) Kwartir Cabang Karangasem 2019.

AMLAPURA, NusaBali

Kedua kontingen mengumpulkan medali terbanyak dan berhak atas trofi dari panitia. Lomba digelar di GOR Gunung Agung, Jalan Untung Surapati Amlapura, Rabu (14/8).

Penggalang Kwaran Manggis dengan meraih 4 medali emas dan 2 perak. Kwaran Kubu di peringkat kedua mendulang 1 emas dan 2 perak. Peringkat ketiga direbut Kwaran Selat dengan 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Persaingan kelompok Penegak lebih ketat lagi. Kwaran Kubu sebagai juara umum meraih 2 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Peringkat kedua, Kwaran Manggis dengan 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu, dan peringkat ketiga Kwaran Rendang dengan 1 emas dan 2 perak. “KSC Kwarcab Karangasem untuk mengukur hasil pembinaan Pramuka di delapan kwaran,” ungkap Ketua Kwarcab Karangasem I Gusti Ngurah Kartika.

Gusti Ngurah Kartika mengatakan, semua peserta merupakan pilihan dan berkualitas. “Jangan berkecil hati, bagi yang belum meraih gelar juara nanti akan ada kesempatan berikutnya. Semakin banyak peserta yang bersaing, semakin meningkat kualitas pembinaan Pramuka di Karangasem,” tambahnya. Nomor-nomor yang dilombakan yakni poster, mewarnai, macepat, pengucapan dwi warna, pioneering, pidato, cipta puisi, hasta karya, dan LKBB (Ketrampilan Baris Berbaris). Nomor lomba pengucapan dwi warna terbagi empat criteria yakni sikap, lafal, intonasi, dan keutuhan. Masing-masing dapat penilaian 25 persen.

Begitu juga untuk macepat, menyangkut vokal, intonasi, ekspresi, dan keutuhan. Masing-masing dapat penilaian 25 persen. Berbeda dengan lomba mewarnai, kriterianya estetika 60 persen, kreativitas 20 persen, dan penguasaan teknik 20 persen. Dewan juri yakni Ida Ayu Santi Wariani, Ni Nengah Arniti, Ni Nengah Ariati, I Wayan Suarta, I Gusti Ayu Ngurah, dan I Nengah Darma. Ketua Panitia Made Agung Ariyasa. *k16

Komentar