nusabali

Stok Hewan Kurban Jelang Idul Adha Mencukupi

  • www.nusabali.com-stok-hewan-kurban-jelang-idul-adha-mencukupi

Stok hewan kurban khususnya sapi jantang menjelang Idul Adha, Minggu (11/8), di Kabupaten Tabanan, mencukupi.

TABANAN, NusaBali

Saat ini tersedia 17.000 ekor sapi jantan siap potong. Jumlah sapi ini ditopang 21 titik pemotongan hewan kurban.  Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan I Wayan Suamba mengatakan stok keperluan hewan kurban khusus sapi jantan di Tabanan mencukupi sesuai populasi 17.000 siap potong. UNtuk Idul Adha tahun 2019 ada 21 titik pemotongan hewan kurban. "Jadi stok sangat melebihi dari kebutuhan," ujarnya, Jumat (9/8).

Dikatakan,21 titik pemotongan hewan tersebut ada di setiap Masjid di Tabanan serta pemotongan di RPH di Desa Gubug, Kecamatan Tabanan. "Sesuai hasil laporan dan pengecekan ke lapangan saat Idul Adha ada 21 titik pemotongan hewan kurban," imbuhnya.

Mengenai pengecekan kesehatan terhadap hewan kurban, menurut Suamba Dinas Pertanian akan melakukan Jumat sore ke 21 titik pemotongan hewan kurban. Pengecekan dilakukan untuk membebaskan hewan kurban dari penyakit mengingat akan di konsumsi masyarakat. "Sore (kemarin, Red) kami cek, sekarang belum. Untuk cek dagingnya kami lakukan bersama Dinas Kesehatan saat pemotongan atau di Hari Idul Adha. Ini untuk mengantisipasi adanya penyakit pada hewan kurban," tandas Suamba. *des

loading...

Komentar