nusabali

Jokowi Mepayas Agung karena Menang Mutlak 91,68 Persen Suara di Bali

  • www.nusabali.com-jokowi-mepayas-agung-karena-menang-mutlak-9168-persen-suara-di-bali

Presiden Jokowi tampil beda dengan Mepayas Agung (Busana Raja) ketika menghadiri pembukaan Kongres V PDIP di Inna The Grand Bali Beach Hotel Sanur, Denpasar Selatan, Kamis (8/8) siang.

DENPASAR, NusaBali

Usut punya usut, ternyata Jokowi pilih Mepayas Agung karena pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin menang dengan 91,68 persen suara di Bali saat Pilpres 2019 lalu.

Hal itu diungkapkan Jokowi di depan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan undang lainnya, saat pidato di Kongres V PDIP. "Tadi banyak yang  tanya, kenapa saya menggunakan busana adat Bali. Termasuk Ibu Ketua Umum PDIP (Megawati) juga nanya. Kata beliau, kalau beliau pakai busana Bali, karena beliau cantik. Jadi, saya juga pakai busana Bali karena saya ganteng," kelakar Jokowi disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Jokowi kemudian menjelaskan alasan kenapa dirinya Mepayas Agung, dengan mengenakan busana yang di Bali digunakan ala Raja zaman dulu. Menurut Jokowi, Mepayas Agung untuk memberikan penghargaaan terhadap budaya Bali, karena dukungan rakyat Bali yang sangat signifikan di Pilpres 2019.

"Saya menggunakan busana adat Bali ini karena pada Pilpres 2019 kemarin, kami menang 91,68 persen suara di Bali. Itulah alasan sebenarnya. Terima kasis atas dukungannya dari rakyat Bali. Kemenangan 92,68 persen suara di Bali ini adalah yang tertinggi di seluruh Indonesia," kata Jokowi.

Sementara itu, informasi yang dihimpun NusaBali, Presiden Jokowi berias Mepayas Agung di Hotel Patra Jasa Tuban, Kecamatan Kuta, Badung. Dia datang ke lokasi Kongres V PDIP sudah mengenakan busana Payas Agung.

Menurut Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali, Anak Agung Ngurah Sutha Diana, Presiden Jokowi Mepayas Agung di Hotel Patra Jasa, beberapa jam sebelum datang ke Kongres V PDIP. "Yang mencarikan tata riasnya Pak Kadis Kebudayaan Provinsi Bali (Wayan Adnyana, Red). Coba konfirmasi beliau," ujar Sutha Diana kepada NusaBali.

Sedangkan Kadis Kebudayaan Bali, I Wayan Adnyana, menyatakan Payas Agung Presiden Jokowi ditangani Tata Rias A3 Bridal, Jalan Veteran Denpasar. "Itu tata riasnya payas agung. Saya carikan tata rias di Jalan Veteran Denpasar," ujar Adnyana.

Tata rias yang dipakai Jokowi kemarin mendapatkan apresiasi Gubernur Bali Wayan Koster, saat memberikan laporan selaku Ketua Panitia Kongres V PDIP. "Saya mengucapkan terima kasih karena peserta yang hadir menggunakan busana adat Bali, sehingga Kongres V PDIP benar-benar tampilkan suasana yang menonjolkan kebudayaan. Termasuk Bapak Presiden juga berbusana adat Bali. Terima kasih, Bapak Presiden," ujar Ketua DPD PDIP Bali ini. *nat

Komentar