nusabali

Gerhana Bulan Sebagian Bakal Berlangsung Besok, Catat Waktunya!

  • www.nusabali.com-gerhana-bulan-sebagian-bakal-berlangsung-besok-catat-waktunya

Besok bakal terjadi fenomena alam gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan sebagian besok dapat disaksikan langsung di sejumlah negara, salah satunya Indonesia.

DENPASAR, NusaBali.com
Rabu (17/07) besok bakal terjadi fenomena alam gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan sendiri adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Dalam kurun tahun 2019, gerhana Bulan terjadi pada bulan Januari dan Juli. Gerhana Bulan Total tanggal 20-21 Januari memang tidak teramati dari Indonesia karena terjadi pada siang hari.

Tetapi, untuk Gerhana Bulan Sebagian besok, masyarakat Indonesia cukup beruntung karena bisa menyaksikan sebagian Bulan menjadi gelap meskipun tidak seluruh proses gerhana bisa diamati. Ini terjadi karena Bulan sudah terbenam saat gerhana masih berlangsung.

Dikutip dari laman resmi BMKG, gerhana bulan sebagian akan dimulai pada pukul 04:01 WITA, puncaknya pukul 05:30 WITA, dan akan berakhir pukul 07:00 WITA.

Durasi total gerhana bulan sebagian akan berlangsung selama 5 jam 33 menit 43 detik. Dari keseluruhan gerhana, 65% permukaan Bulan akan berada dalam bayang-bayang Bumi selama 2 jam 57 menit 56 detik.

gerhana bulan sebagian besok akan menjadi gerhana bulan umbra terakhir sampai dengan tahun 2021 kelak. Selama tahun 2020, gerhana yang terjadi adalah gerhana bulan penumbra yang menyebabkan bulan tampak lebih redup. *

Komentar