nusabali

Setahun BPBD - Damkar Bangli Dapat Anggaran Rp 880 Juta

  • www.nusabali.com-setahun-bpbd-damkar-bangli-dapat-anggaran-rp-880-juta

BANGLI, NusaBali - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Bangli pada 2024 mendapat anggaran sebesar Rp 880 juta lebih. Anggaran tersebut dialokasikan untuk sejumlah kegiatan termasuk pencegahan dan penanganan bencana di Bangli.

Kepala BPBD - Damkar Bangli I Wayan Wardana, menyatakan anggaran tersebut dibagi menjadi dua kegiatan, yakni rutin dan prioritas. Untuk kegiatan rutin diplot sebesar Rp 240 juta. Sedangkan kegiatan prioritas sekitar Rp 640 juta. 

Menurut Wayan Wardana kegiatan rutin seperti pembelian bahan bakar minyak (BBM) dan lainnya. Sedangkan kegiatan prioritas dibagi ke masing-masing bidang. Mulai dari pencegahan, kedaruratan bencana dan logistik, hingga rehabilitasi dan rekonstruksi, dan bidang damkar. 

“Besaran anggaran tersebut sama dengan anggaran di tahun 2023,” kata Wayan Wardana, Selasa (2/1). 

Berdasarkan prediksi BMKG, puncak musim penghujan diperkirakan terjadi pada Februari hingga Maret 2024. Berkaitan dengan itu, kegiatan di BPBD akan lebih padat lantaran ada pontensi bencana. Meski begitu, hal tersebut tidak menjadi acuan untuk menaikkan anggaran di instansinya.

“Kami akan berupaya mengoptimalkan anggaran yang ada. Di samping itu penanganan bencana dilakukan bersama-sama (lintas sektoral), bukan hanya tugas OPD BPBD-Damkar saja,” tegas Wayan Wardana. 

Pejabat asal Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli ini menambahkan, dalam penanganan bencana, pihaknya kerjasama dengan Dinas PUPR Perkim Bangli, untuk alat beratnya. 

Jika terjadi kebencanaan di wilayah jalan provinsi, maka pihaknya minta bantuan dari pihak provinsi. “Pada intinya antisipasi kami dalam menghadapi dampak musim penghujan, utamanya pada kesiapan dan koordinasi lintas sektoral,” ujarnya. 7 esa

Komentar