nusabali

Buleleng Bidik 60 Emas Porprov

  • www.nusabali.com-buleleng-bidik-60-emas-porprov

Kalau nyalip Badung dan Denpasar agak sulit dan tidak realistis. Karena jumlah medali emas kedua kontingen tadi melebih di atas 130 medali emas. Untuk mewujudkan target itu, KONI Buleleng berkerjasama dengan Undiksha SIngaraja.

SINGARAJA, NusaBali

KONI Kabupaten Buleleng mematok target merebut 60 medali emas pada Porprov Bali XIV/2019 di Kabupaten Tabanan, September nanti. Target itu ditetapkan untuk memenuhi ambisi masuk tiga besar. Target itu sekaligus upaya menggeser Gianyar, yang pada Porprov sebelumnya masuk tiga besar.

"Saat dalam Porprov 2017 di Gianyar, Buleleng meraih 47 medali emas. Sedangkan Gianyar meraih 53 emas. Di Tabanan nanti, posisi tiga besar berpeluang milik kontingen Buleleng," ucap Sekum KONI Buleleng, I Wayan Merta, Jumat (12/7).

Menurut pria asli Karangasem itu, selain tatget 60 emas, Buleleng juga membidik 78 perak dan 80 perunggu. Target itu sesuai dengan pemetaan di masing-masing cabor.

"Kalau nyalip Badung dan Denpasar agak sulit dan tidak realistis. Karena jumlah medali emas kedua kontingen tadi sudah melebih diatas 130 medali emas," terang Wayan Merta.

Untuk mewujudkan target itu, kata Wayan Merta, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan pihak Undiksha. Lewat pola latihan terukur dan benar, dengan harapan jiwa sportifnya muncul. Dalam mewujudkan juara sejati. Bahkan belum lama ini pelatih kenamaan nasional, Doni dihadirkan sebagai narasumber untuk membekali para pelatih cabor Porprov Buleleng.

Sedangkan mengenai 60 emas itu sudah sesuai dengan peta kekuatan yang dimiliki masing-masing daerah. Dengan mengandalkan keaslian atlet yang ada. Dan, indikatornya dari  beberapa hasil kejuaraan 2 tahun terakhir.

"Atlet Porprov Buleleng itu murni atlet binaan sendiri. Dan, saat ini sedangkan dimatangkan dari sisi fisik, mental dan strategi. Makanya kami optimistis masuk tiga besar. Anggaran juga mendukung," papar Wayan Merta.

Bahkan kontingen Buleleng yang diterjunkan nantinya lebih pada mengedepankan pola pembinaan usia dini. Ini karena saat Porjar Bali ada peningkatan 7 medali. Dan, atlet Porjar tersebut banyak diturunkan di ajang Porprov Tabanan.

"Yang jelas target 30 emas itu tidak asal bicara. Tapi sudah dibeber dan kroscek ke cabor. Darimana dapat emas, siapa atletnya, dikategori apa dan siapa rival terberat di kategori tersebut. Termasuk sudah dicek atlet peraih emas saat di Porprov Gianyar, siapa saja yang tidak main di Porprov Tabanan. Itu sudah dicek secara utuh," kata Merta. *dek

Komentar