nusabali

Salah Cetak Gol, Mesir Sempurna

  • www.nusabali.com-salah-cetak-gol-mesir-sempurna

Madagaskar Bikin Kejutan Hajar Nigeria

KAIRO, Nusa Bali

Bintang tim nasional Mesir, Mohamed Salah, kembali mencetak gol saat membantu tuan rumah mencatatkan rekor sempurna di fase penyisihan Grup A Piala Afrika 2019. Ya, Mesir mengalahkan Uganda 2-0 di Stadion Internasional Kairo, Mesir, Senin (1/7) dinihari WITA.

Salah mencetak golnya dengan mengeksekusi tendangan bebas, setelah dirinya dilanggar tak jauh dari kotak penalti oleh pemain Uganda Hassan Wasswa. Salah melepaskan tendangan melengkung dengan kaki kiri yang melewati pagar hidup Uganda dan melesak ke gawang tanpa mampu dijangkau kiper Denis Onyango.

Tepat di pengujung pertama, giliran kapten Mesir Ahmed El Mohamady melesakkan tendangan keras dari sudut kiri kotak penalti untuk menggandakan keunggulan tuan rumah. Mesir terus menguasai laga, hingga laga usai yang berakhir 2-0.

Kapten tim Mesir Ahmed El Mohamedy enggan membesar-besarkan keberhasilan timnya melewati penyisihan Grup A. Menurutnya tantangan baru akan dimulai di babak gugur (knockout). Bek klub Inggris Aston Villa itu meyakini Mesir harus segera memulai persiapan melakoni laga 16 besar

Sementara laga lainnya di grup A, Zimbabwe dihempaskan Kongo 0-4 di laga pamungkas. Kini Zimbabwe menjadi juru kunci. Sedangkan Kongo yang dua kali kalah do laga awal, kini berpeluang tipis lolos sebagai salah satu dari empat peringkat  ketiga terbaik.

Kongo menunggu nasib mereka ditentukan hasil grup-grup lain. Mesir juga menanti lawan mereka di 16 besar, yakni salah satu peringkat ketiga terbaik dari Grup C, D atau E. Sedangkan Uganda akan melawan runner-up Grup C yang berisikan Aljazair, Senegal, Kenya dan Tanzania.

Sementara itu, Madagaskar membuat kejutan dan menjuarai Grup B, setelah mengalahkan Nigeria 2-0, Senin dinihari WITA. Mereka memulai fase penyisihan grup dengan hasil imbang 2-2 lawan Guinea, dan  menang 1-0 atas tim debutan, Burundi.

Kemenangan atas Nigeria menyuntik kepercayaan diri besar Madagaskar untuk mengalahkan Nigeria pada laga pamungkas. Namun Nigeria, dengan nilai 6 tetap lolos ke 16 besar berkat kemenangan 1-0 atas Burundi dan 1-0 lawan Guinea.

Sementara Guinea menang 2-0 di laga pamungkas atas Burundi dan di peringkat ketiga klasemen akhir Grup B dengan empat poin. Di atas kertas, Guinea berpeluang lolos ke 16 besar sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik. *ant

Komentar