nusabali

Rujak Kuah Pindang, Kuliner Khas Bali Dengan Cita Rasa Asin Yang Menggoda

  • www.nusabali.com-rujak-kuah-pindang-kuliner-khas-bali-dengan-cita-rasa-asin-yang-menggoda

Pulau Bali yang juga disebut pulau Dewata ini terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Namun selain wisata alam, Pulau Bali juga terkenal dengan kulinernya yang khas salah satunya yakni Rujak Kuah Pindang. Wisatawan yang baru berkunjung ke Bali, tentu akan merasa asing dengan cita rasa yang dimiliki rujak yang satu ini.

Penulis : Virdha Marta Linggar Sari 
Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana

Jika rujak gula memiliki cita rasa manis, rujak kuah pindang memiliki cita rasa yang asin. Seperti rujak gula, Rujak kuah pindang merupakan potongan buah segar seperti kedondong, bengkuang, mangga muda, jambu, pepaya, mentimun dan lain-lain, namun yang membedakan adalah pelengkapnya yakni kaldu yang terbuat dari ikan, garam, terasi dan cabai. Semua bahan pelengkap tersebut digiling sampai lembut, tetapi tidak diberikan air lagi karena dicampur kuah pindang (kaldu ikan).

“Walaupun dari rebusan ikan, tapi rasanya tidak amis karena terdapat daun salam dan serai waktu merebus,” kata Rahayu Priyantini salah satu penikmat rujak kuah pindang saat ditemui di salah satu warung yang menjual rujak kuah pindang di Pemogan pada hari Minggu (02/06/). 

Selain itu, Fiona Nazmy yang merupakan mahasiswa rantau pun berpendapat bahwa rasa dari rujak ini sangat berbeda dengan rujak-rujak yang sudah pernah ia cicipi, “asin, asem, gurih dan pedas rasanya meledak jadi satu di mulut, benar-benar rasa yang bikin nagih,” imbuhnya

Rujak kuah pindang cukup mudah ditemui di warung-warung yang ada di Bali, harganya pun cukup terjangkau hanya dengan 5000 s/d 10000 rupiah sudah bisa menikmati seporsi rujak kuah pindang.

Berikut ini 3 rekomendasi tempat yang menjual rujak kuah pindang:

1. Warung Rujak Kuah Pindang Bu Leli
Terletak di Jl. Tukad Pule No: 18 Sesetan. Warung ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 s/d pukul 19.00 Wita.

2. Warung Bu Jero, Denpasar
Terletak di Jl. Subur No: 3-4, Gg Mirah Hati, Pemecutan Klod, Denpasar Barat. Warung ini buka setiap hari mulai dari pukul 12.00 s/d pukul 18.00 Wita. 

3. Warung Roejak Uyah Sere – Lempuyang
Terletak di Jl. Gunung Lempuyang Raya No. 18B, Tegal Kertha, Denpasar Barat. Warung ini buka setiap hari mulai dari pukul 11.00 s/d 22.00 Wita.
 

*. Tulisan dalam kategori OPINI adalah tulisan warga Net. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

loading...

Komentar