nusabali

Pemkab Jembrana Ngaturang Bakti Pujawali di Pura Segara Rupek

  • www.nusabali.com-pemkab-jembrana-ngaturang-bakti-pujawali-di-pura-segara-rupek

Pemkab Jembrana ngaturang bakti pujawali di Pura Kahyangan Jagat Segara Rupek, Kecamatan Gerokgak, Buleleng pada Redite Pon Kulantir, Minggu (2/6).

NEGARA, NusaBali

Rombongan dipimpin Bupati Jembrana I Putu Artha, yang sekaligus matur pakelem bebantenan di tepi laut sekitar pura setempat.

Bupati Artha didampingi istri, Ni Kade Ari Sugianti alias Ny Ari Sugianti Artha, Sekda Jembrana I Made Sudiada, para asisten, serta sejumlah pimpinan OPD Pemkab Jembrana. Rangkaian upacara pujawali yang juga diisi pakalem itu  dipuput oleh Ida Rsi Agung Kusuma Yoga dari Grya Tulikup Gianyar.

Ida Rsi Agung Kusuma Yoga, mengatakan, upacara pakelem yang dihaturkan kali ini adalah upacara Uti Ngawarsa yang diadakan setiap setahun sekali. “Tujuannya adalah untuk lebih mempertebal rasa bakti sesuai dengan sumber susastra, dan ikut juga mayadnya ngastitiang kerahayuan jagat Bali. Bahkan seluruh wilayah Indonesia,” ucapnya.

Sementara Bupati Artha mengatakan, upacara ini diharapkan mampu menciptakan kerahayuan jagat Jembrana dan Bali pada umumnya. Dia juga menambahkan, pelaksanaan bakti pujawali dan matur pakelem yang diikuti Pemkab Jembrana, ini juga mendoakan agar Jembrana diberikan keselamatan, keteduhan, dan senantiasa damai. Usai persembahyangan, Bupati Artha juga menghaturkan punia prosesi upakara yang diterima Panitia Karya Wayan Sumarna. *ode

Komentar