nusabali

Walikota Hadiri Lomba Penjor dan Ngelawar ST Se–Desa Dangin Puri Kangin

Juga Resmikan Sekaa Gong Wanita dan Sekaa Tari

  • www.nusabali.com-walikota-hadiri-lomba-penjor-dan-ngelawar-st-se-desa-dangin-puri-kangin

DENPASAR, NusaBali - Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Lomba Penjor dan Ngelawar yang dilaksanakan pemerintah Desa Dangin Puri Kangin dirangkaikan dengan menyambut pujawali di Pura Taman Sari Swagina Denpasar, Minggu (21/4).

Pada kesempatan yang sama juga diresmikan Sekaa Gong Wanita Gayatri Suara Taman Sari dan Sekaa Tari Sekar Taman Sari Desa Dangin Puri Kangin. Walikota Jaya Negara mengapresiasi semangat berkreativitas dan berkarya warga banjar se-Desa Dangin Puri Kangin. Dia kagum atas karya penjor  yang sangat luar biasa. Terlebih waktu yang ada tergolong singkat dalam melaksanakan persiapan dan proses pembuatan. 

Keterampilan membuat penjor dan ngelawar merupakan dasar dari bermasyarakat, khususnya sebagai umat Hindu Bali. Sehingga lomba penjor ini merupakan langkah positif dalam menjaga dan melestarikan tradisi, seni, budaya, dan adat Bali. Hal ini juga sejalan dengan visi kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju. 

“Kalau penjor saya kira rata-rata anak muda Denpasar sudah terampil, dan ngelawar ini sudah tampak bibit-bibit yang handal, baik dalam ngeracik bumbu maupun teknik dalam meramas dan ngadonin. Ini sangat luar biasa,” ujarnya.

Dia juga mengapresiasi keteguhan Desa Dangin Puri Kangin dalam menjaga adat, tradisi, seni, dan budaya Bali. Hal ini menjadi angin segar di tengah gerusan global. Termasuk dengan dibentuknya Sekaa Gong Wanita Gayatri Suara Taman Sari dan Sekaa Tari Sekar Taman Sari Desa Dangin Puri Kangin, ini diharapkan mampu menciptakan proses pembinaan yang berkelanjutan terhadap seni Bali. 


“Kami sangat mengapresiasi kegiatan lomba penjor dan ngelawar serta peresmian sekaa gong dan tari ini. Semoga Desa Dangin Puri Kangin trerus konsisten dan berkelanjutan menjadi pilar penting dalam menjaga adat, tradisi, budaya, dan seni di Kota Denpasar,” kata Walikota Jaya Negara. 

Perbekel Dangin Puri Kangin I Wayan Sulatra menjelaskan, lomba penjor dan ngelawar ini merupakan kegiatan rutin pemerintah Desa Dangin Puri Kangin. Namun pelaksanaannya disinergikan atau dirangkaikan dengan pujawali di Pura Taman Sari Swagina. 

Dikatakannya, lomba ini diikuti oleh seluruh krama banjar dan ST se-Desa Dangin Puri Kangin dengan jumlah peserta sebanyak 7 tim. Pemenang lomba penjor tahun ini, juara I diraih Banjar Mertarauh, juara II diraih Banjar Mertha Nadi, dan juara III diraih Banjar Kerta Bhuwana Kaja. 

Lomba ngelawar, juara I ST Bhuwana Manggala, Banjar Kerta Bhuwana Kaja, juara II ST Ayu Nulus Nadhi, Banjar Mertanadhi, dan juara III ST Taruna Eka Pramana, Banjar Mertarauh. Para pemenang lomba diberikan hadiah piala dan uang pembinaan. 

“Ini merupakan murni karya ST se-Desa Dangin Puri Kangin, semoga dapat memantik generasi muda untuk mencintai budaya, berkreativitas, serta menjaga tradisi warisan leluhur,” kata Sulatra. @ mis

Komentar