nusabali

Latihan Bersama Pramuka Gugus Karangasem II

  • www.nusabali.com-latihan-bersama-pramuka-gugus-karangasem-ii

Pramuka Gugus II Kecamatan Karangasem gelar latihan bersama di SDN 6 Subagan, Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Senin (20/5).

AMLAPURA, NusaBali

Latihan ini bertujuan mengevaluasi kemampuan kalangan siaga, juga menambah wawasan, menyangkut sejarah kepramukaan, ketrampilan baris berbaris, tali temali, riang gembira, mempermahir tata upacara, dan sebagainya.

Pembina Ida Bagus WP Adnyana, mengatakan pembina yang terlibat di acara perindukan Siaga yakni I Gede Gd Putra, Made Pande Asmaranata, Luh Puriani, Luh Sumerini, Luh De Kencanawati dan Ni Made Lasti. Latihan ini menghadirkan anggota siaga dari SDN 1 Subagan, SDN 4 Subagan, SDN 5 Subagan, SDN 6 Subagan, SDN 1 Pertima, SDN 4 Pertima, SDN 4 Bugbug, dan SDN 5 Bugbug.

Kegiatan selama pelatihan yakni memberikan teori kepramukaan, sejarah pramuka, dan tanda kehormatan pramuka. Sedangkan prakteknya mengajak anggota siaga bermain riang gembira (rigem), mengasah ketrampilan tali temali, baris berbaris, dan mengajarkan siaga agar disiplin. “Kami menggelar pelatihan untuk memberikan wawasan kepada anggota siaga, selain mengenal lebih banyak ilmu kepramukaan,” kata Ida Bagus Adnyana.

Latihan bersama ini dihadiri delapan Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) yakni I Made Murti, I Wayan Sarja, I Wayan Putu Suwendra, Ni Ketut Sukeniasih, Ni Ketut Sari, I Made Tamu, I Ketut Oka dan I Nyoman Dite. Kamabigus SDN 4 Subagan yang juga salah satu pembina Pramuka, I Wayan Sarja, mengapresiasi kegiatan yang dikemas dalam latihan perindukan siaga. “Sehingga anggota siaga yang kami bina selama ini di SDN 4 Subagan dapat wawasan lebih luas mengenai ilmu kepramukaan,’" jelas  Wayan Sarja.

Di samping itu, anggota siaga bisa berbaur dan studi banding dengan anggota siaga dari luar sekolah. “Ini pengalaman berharga untuk anggota siaga, ada penyegaran ilmu kepramukaan yang didapatkannya,” tambahnya. Gugus II yang beranggotakan delapan SD berharap agar secara rutin digelar acara pelatihan, paling tidak setiap liburan usai menerima rapor semester I atau usai kenaikan kelas. Sehingga ilmu didapatkan siswa sebelumnya tidak vakum. *k16

loading...

Komentar