nusabali

Peduli Disabilitas, Wabup Kembang Serahkan Bantuan Kursi Roda dan Sembako

  • www.nusabali.com-peduli-disabilitas-wabup-kembang-serahkan-bantuan-kursi-roda-dan-sembako

Perhatian Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan kepada warganya yang kurang beruntung, ditunjukkan dengan mengunjungi warga kurang mampu dan penyandang disabilitas.

NEGARA, NusaBali

Ada empat warga penyandang disabilitas di Banjar Benel, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, yang disambangi oleh Wabup Kembang bersama istri dan kedua anaknya, untuk menyerahkan bantuan kursi roda dan sembako, Minggu (5/5).

Empat warga kurang penerima bantuan adalah I Ketut Warta, 58, (lumpuh akibat jatuh saat bekerja memanjat pohon cengkih), Gusti Putu Cakra, 60, (lumpuh sejak lahir), Nengah Suitra, 55, (lumpuh akibat kecelakaan saat bekerja mencari batu di sungai), dan I Komang Suarna, 50, (keterbelakangan mental). Selain di Banjar Benel, Wabup Kembang yang didampingi Kadis Sosial Jembrana dr I Made Dwipayana, juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga kurang mampu, Ni Nyoman Westri, 90, yang dirawat oleh cucunya, Kadek Lanang Sunarsa, 17, di Banjar Pasatan, Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo.

Tidak hanya menyerahkan bantuaan kursi roda dan sembako dari Pemkab Jembrana, secara pribadi Wabup Kembang juga menyerahkan uang tunai. Saat kunjungan tersebut, juga dilibatkan dokter untuk mengetahui secara dekat kesehatan para lansia dan penyandnag disabilitas.

“Kami harapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban warga. Membantu  mereka untuk membiasakan diri bergerak, juga untuk memudahkan keluarga yang sehari-hari merawat maupun jika akan dibawa untuk berobat,” ujar Wabup Kembang.

Kadis Sosial dr I Made Dwipayana, menjelaskan selain bantuan kursi roda dan sembako itu, para keluarga miskin itu telah mendapat bantuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) kelas III. Dua warga atas nama  Gusti Putu Cakra dan Ni Nyoman Westri juga telah mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang merupakan bantuan dari Kementerian Sosial. Ni Nyoman Westri ini juga sudah mendapatkan bantuan PKH dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diterima cucunya. “Yang lain, karena kelayakan telah memenuhi, segera akan kami usulkan untuk mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada pemerintah pusat,” ujar Dwipayana. *

Komentar