nusabali

Bupati Suwirta Pimpin Aksi Kebersihan di Pantai

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-pimpin-aksi-kebersihan-di-pantai

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin aksi bersih sampah plastik di Pantai Goa Lawah dan Pantai Belatung, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung.

SEMARAPURA, NusaBali

Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik yang dilaksanakan serentak di kabupaten/kota se-Bali, Minggu (7/4).

Aksi bersih pantai melibatkan seluruh jajaran pegawai Pemkab Klungkung, TNI/Polri dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Gerakan kebersihan yang dimulai sekitar pukul 07.00 Wita, dilakukan memungut sampah-sampah plastik yang berserakan di sekitar pantai. Sampah-sampah ini kemudian dikumpulkan dalam wadah yang telah disiapkan untuk selanjutnya ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta menyatakan seringnya ada aksi kebersihanm, seperti gerakan bersih sampah plastik ini, akan menjadikan masyarakat lebih semangat untuk peduli lingkungan. Menurutnya, masalah sampah di Kabupaten Klungkung ditangani serius oleh Pemkab Klungkung, antara lain melalui model Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS). ‘’Namun, penanganan sampah tidak hanya tugas pemerintah saja, melainkan peran masyarakat sangat penting,’’ tegasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (LHP) Kabupaten Klungkung AA Ngurah Kirana menyebutkan pemilihan Pantai Belatung dan Pantai Goa Lawah untuk gerakan ini karena dua pantai ini paling dekat dengan Pura Goa Lawah. Selain pusat ritual umat Hindu, pura dan pantainya menjadi objek wisata. Kegiatan ini juga dirangkaikan menyambut peringatan HUT Puputan Klungkung ke-111dan HUT ke-27 Kota Semarapura, 28 April 2019.

Menurut Kirana, sampah-sampah yang terkumpul saat ini selanjutnya akan dipilah dan akan diolah oleh petugas. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan khususnya untuk sampah plastik.*wan

Komentar