nusabali

Kalahkan Kamboja, Indonesia Jumpa Vietnam di Semifinal

  • www.nusabali.com-kalahkan-kamboja-indonesia-jumpa-vietnam-di-semifinal

Tim nasional Indonesia lolos dari lubang jarum dan berhasil memastikan tiket ke babak semifinal turnamen sepakbola antar-negara ASEAN ‘AFF Cup 2019 U-22’, setelah sukses membungkam tuan rumah Kamboja 2-0 di partai terakhir penyisihan Grup B, Jumat (22/2) malam.

PHNON PENH, NusaBali
Di laga semifinal, Minggu (24/2) besok, skuad Garuda Muda akan menghadapi Vietnam. Tim asuhan pelatih Indra Sjafrie turun sarat beban harus menang saat menghadapi tuan rumah Kamboja dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup B di Olympic Stadium Phnom Penh, Jumat malam. Hanya kemenangan yang bia menyelamatkan peluang Indonesia lolos ke babak semifinal, setelah dalam dua partai sebelumnya mereka ditahan Myanmar 1-1 dan Malaysia 2-2.

Sebaliknya, Kamboja tampil tanpa beban di hadapan publik sendiri, karena sudah memastikan tiket ke babak semifinal pasca mencatat dua kemenangan beruntun, masing-masing 1-0 atas Malaysia dan 2-0 atas Myanmar. Kendati sarat beban harus menang, skuad Merah Putih mampu menampilkan permainan terbaiknya, hingga berhasil membungkam Kamboja 2-0 melalui dua gol yang diborong Marinus Wa-newar, masing-masing di menit ke-19 dan menit ke-77.

Striker Marinus Wanewar layak disebut sebagai pahlawan di balik sukses Indonesia mengalahkan Kamboja. Sebab, gol yang dicetaknya melalui serangan balik cepat ke gawang Keo Soksela berhasil membangkitkan motivasi dan rasa percaya diri rekan-rekannya.

Sebelum Marinus mencetak gol, serangan-serangan Indonesia sempat buntu selama 19 menit. Setelah Marinus bikin gol yang membuat keunggulan 1-0, Indonesia semakin gencar melancarkan serangan. Dalam pertandingan yang ditayangkan langsung RCTI tadi malam, tuan rumah Kamboja juga sempat gawang Indonesia di menit ke-31, melalui tendangan keras Sin Sophanat. Beruntung, bola hasil sepakannya bisa dimentahkan kiper Awan Setho. Hingga turun minum, skor tetap tidak berubah, 1-0 untuk Indoensia.

Memasuki babak kedua, tuan rumah Kamboja berusaha meningkatkan tekanan ke lini pertahanan Indonesia. Namun, skuad Merah Putih cukup disiplin mengamankan wilayahnya. Pada menit ke-57, giliran Indonesia mendapat peluang emas ketika Osvaldo Haay melakukan penetrasi dan melepaskan umpan tarik ke tengah, untuk selanjutnya dieksekusi Gian Zola. Sayangnya, bola sepakan Gian Zola berhasil ditepis kiper Keo Soksela. Peluang emas bagi Indonesia kembali muncul pada menit ke-68 ketika Sani Rizki melepaskan tembakan jarak jauh. Sayang, bolanya mendarat tepat di pelukan kiper Keo Kamboja.

Barulah di menit ke-77, Indonesia berhasil kembali menjebol gawang Keo Soksela untuk menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Gol kali ini pun lagi-lagi dicetak Marinus. Kali ini, Marinus merobek jala gawang Kamboja melalui tembakan jarak dekat dari dalam kotak penalti. Hingga pertantandingan babak kedua selesai, skor tetap bertahan untuk kemenangan Indonesia.

Kemenangan ini cukup bagi Indonesia lolos ke babak semifinal selaku runner-up Grup B, dengan mengantongi nilai 5 hasil sekali menang dan dua kali kalah. Sedangkan Kamboja lolos ke babak semifinal sebagai juara Grup B, hasil 2 kali menang dan sekali kalah. Sebaliknya, Malaysia gagal lolos ke semifinal karena finis di peringkat tiga Grup B dengan nilai 4, setelah tadi malam bangkit mengalahkan Myanmar 1-0.

Di babak semifinal nanti, skuad Garuda Muda akan menghadapi Vietnam, yang tampil sebagai juara Grup A. Vietnam tak terkalahkan di Grup A, setelah sukses menjegal Filipina 2-1, membantai Timor Lesta 4-0, dan seri 0-0 melawan Thailand.

Sebaliknya, Kamboja selaku juara Grup B di semifinal nanti akan bertemu Thailand yang menjadi runner-up Grup A. Thailand harus puas sebagai runner-up Grup A, karena kalah selisih gol dari Vietnam, sekalipun sama-smaa mengantongi nilai 7 dalam 3 kali pertandingan. Sebab, Thailan hanya mampu mengalahkan Timor Lesta 1-0 dan Filipina 3-0.

Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri, mengakui penampilan tim asuhannya sudah mulai meningkat. Mantan pelatih Bali United ini berharap performa menanjak itu bisa berlanjut saat melawan Vietnam di tempat yang sama, Minggu besok.

"Alhamdulillah, kita bersyukur lolos ke semi final, meski tadi kami masih belum terlalu maksimal. Saya susun periodisasi sebelum ke Kamboja. Bisa dilihat penampilan anak-anak," kata Indra Sjafri dalam rilis yang diterima detiksport tadi malam. "Lawan Myanmar cukup sulit, Malaysia kita berkembang, dan lawan Kamboja tadi kami juga meningkat. Tapi, masih ada yang belum maksimal. Saya harap di semi-final nanti lebih bagus dan final akan jadi puncaknya," harap pelatih yang pernah sukses mengantar Timnas U-19 juara Pila AFF ini. *nar

Komentar