nusabali

Juara Yoga Jambore Tak Jaminan ke Provinsi

  • www.nusabali.com-juara-yoga-jambore-tak-jaminan-ke-provinsi

Para juara nomor lomba Yoga Asanas di Jambore Dharma Sedana Kabupaten Karangasem 2019 untuk Tingkat SMP dan SMA/SMK, belum jaminan dikirim ke Jambore Tingkat Provinsi Bali.

AMLAPURA, NusaBali

Sebab yang diikutsertakan ke Provinsi Bali hanyalah satu regu putra dan satu regu putri, entah pemenang dari SMP atau SMA/SMK. Lomba Yoga Asanas tingkat SMP ini digelar di Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, Banjar Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Rabu (20/2).

Kasi Pembinaan Hindu Kantor Kementerian Agama Karangasem, I Wayan  Serinada, menegaskan untuk menghindari terjadinya protes, nantinya nomor Yoga yang dikirim bisa saja pemenang dari tingkat SMP atau SMA/SMK atau bisa juga kedua pemenang dikolaborasikan. Nantinya kontingen Jambore Tingkat Provinsi Bali menyertakan satu regu putra dan satu regu putri nomor lomba yoga. “Dewan juri yang menentukan, apakah juara I dari Tingkat SMP atau dari Tingkat SMA/SMK diloloskan ke provinsi atau kedua juara itu dikolaborasikan dibentuk satu regu putra dan satu regu putri masing-masing beranggotakan 3 orang,” tambahnya.

Ia menekankan terkait juara tidak jaminan mewakili ke provinsi untuk antisipasi munculnya berita-berita di media sosial bernada miring, yang tidak sesuai kesepakatan sebelumnya. Lomba yoga tingkat SMP diikuti SMP Negeri se-Karangasem. Dewan juri yakni Ida Bagus Made Suta Susila dari Korwil Disdikpora Kecamatan Bebandem, I Wayan Sutarga penyuluh agama Hindu dari Kantor Kemenag, dan Ni Luh Putu Ariani mahasiswa semester VI STKIP Agama Hindu Amlapura.

Ida Bagus Made Suta Susila menegaskan, lomba yoga di Jambore Dharma Sedana Kabupaten Karangasem dibagi empat nomor. Tingkat SMP melombakan nomor putra-putri dan tingkat SMA/SMK melombakan nomor putra-putri. Sehingga dalam jambore kabupaten masing-masing memunculkan dua pemenang. Hanya saja, yang dikirim ke Provinsi Bali, satu regu putra dan satu regu putri. “Kami memberikan penilaian objektif, lihat sendiri penampilannya. Pemenangnya nanti bisa saja dikolaborasikan untuk mewakili Karangasem antara juara tingkat SMP dengan juara tingkat SMK/SMA putra-putri,” katanya.

Pemenang yoga tingkat SMP putra, juara I Regu SMPN 5 Abang beranggotakan I Putu Ary Raditya, I Wayan Eka Apriana, dan I Wayan Susila skor 26.420. Juara II dari SMPN 1 Amlapura skor 25.570 dan juara III SMPN 3 Sibetan skor 25.335. Sedangkan juara kelompok putrid, juara I SMPN 3 Sidemen beranggotakan Ni Luh Putu Yesita Sani, Ni Komang Ayu Demitaria, dan Ni Kadek Angga Rusnita Cahyani skor 26.780, juara II SMPN 2 Selat skor 25.730 dan juara III SMPN 1 Abang skor 25.150. *k16

Komentar