nusabali

Bupati Suwirta Terus Pantau Penataan Jaba Pura Watu Klotok

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-terus-pantau-penataan-jaba-pura-watu-klotok

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta terus memonitoring pantai dan area jaba (halaman sisi) Pura Watu Klotok, Desa Tojan, Klungkung.

SEMARAPURA, NusaBali

Karena area suci ini nanti akan dipakai tempat pelaksanaan Tawur Agung dan Melasti Ida Bhatara Pura Besakih.

Rabu (20/2), Bupati Suwarta memastikan infrastuktur jaba pura ini untuk menyambut pamedek yang akan melaksanakan upacara melasti serangkaian Karya Panca Wali Krama di Pura Agung Besakih, Maret 2019.

Area pantai yang sebelumnya tinggi dan tidak beraturan kini sudah tampak landai  dan bahkan bisa untuk dilalui kendaraan. Namun saat memantau area itu kemarin di area Wantilan Jaba Pura, Bupati Suwirta sempat geram karena masih ada pedagang yang menggelar dagangannnya. Selain itu sampah plastik juga tampak berserakan tanpa terlihat ada petugas kebersihan yang bertugas. Padahal Bupati Suwirta mengaku telah menempatkan dua petugas kontrak tenaga kebersihan untuk area pura tersebut. Namun hanya ada seorang pangempon pura yang menyapu ketika tahu kedatangan bupati.

Atas kondisi tersebut Bupati Suwirta mengintrogasi para pedagang itu. Pedagang mengaku tidak tahu kalau ada larangan berjualan di area jaba pura. Namun beberapa pedagang mengaku menyetorkan uang Rp 5.000 - Rp 10.000 kepada seseorang yang mengaku sebagai pengempon pura untuk uang kebersihan.

Tidak mau mendengar banyak alasan, Bupati Suwirta langsung perintahkan seluruh pedagang untuk mengangkat keluar dagangannya dan berjualan di tempat yang telah ditentukan. "Bapak sebagai orang Bali mestinya malu berdagang di area pura, kalau bukan kita yang menjaga kesucian pura, terus siapa?," ujar Bupati Suwirta kepada para pedagang yang selanjutnya memindahkan barang dagangannya.

Terhadap para petugas kebersihan yang kedapatan tidak ada yang bekerja, Bupati Suwirta akan segera mengambil tindakan dengan memberikan peringatan tertulis. Ia juga mendapat laporan dari pangempon pura yang kebetulan berjualan di sekitar pantai, bahwa petugas kebersihan jarang terlihat dan bekerja. "Kami tengah berupaya menciptakan kenyamanan kepada seluruh pamedek yang akan melaksanakan melasti dari Pura Besakih menuju Pura Watu Klotok ini. Semoga para pedagang tertib dan menjaga kebersihan lingkungannya saat berjualan," ujar Bupati asal Nusa Ceningan ini. Bupati Suwirta akan mengerahkan armada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung untuk melakukan pembersihan di areal setempat. *wan

loading...

Komentar