nusabali

Pemkab Ponorogo Lirik Program Bedah Desa di Klungkung

  • www.nusabali.com-pemkab-ponorogo-lirik-program-bedah-desa-di-klungkung

Program inovasi Pemkab Klungkung yakni Bedah Desa menarik perhatian Pemkab Ponorogo, Jawa Timur.

SEMARAPURA, NusaBali

Kabupaten paling barat di Provinsi Jawa Timur ini ingin mempelajari lebih dalam tentang program inovasi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dengan melakukan studi tiru ke Klungkung, Jumat (15/2).

Rombongan dipimpin Sekda Ponorogo Agus Pramono diterima Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra di ruang rapat Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung. Hadir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Keluarga Berencana Wayan Suteja, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, AA Ngurah Kirana, Dinas Pariwisata Klungkung dan instansi terkait.

Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra di hadapan rombongan, menjelaskan gambaran umum Kabupaten Klungkung. Kabupaten dengan empat kecamatan dan memiliki wilayah kepulauan ini telah berhasil meraih berbagai penghargaan. Di bawah kepemimpinan Bupati I Nyoman Suwirta dan I Made Kasta selaku Wakil Bupati, Kabupaten Klungkung menciptakan berbagai program inovasi, di antaranya telah diakui nasional.

Satu program inovasi yang diciptakan untuk mengetahui kondisi dan situasi di masyarakat adalah program Bedah Desa. Di hadapan rombongan, Sekda Putu Winastra menggambarkan program inovasi ini. “Jadi melalui bedah desa ini kami turun untuk menginventarisir permasalahan dan potensi di desa,” jelasnya.

Meski tidak serta merta bisa menyelesaikan masalah, tetapi melalui bedah desa setidaknya pemerintah mengetahui kondisi data dan fakta di lapangan. “Penanganan masalah yang kami temui bisa dilakukan dengan skala penanganan jangka pendek, menengah dan penanganan jangka panjang,” sebutnya.

Sekda Ponorogo Agus Pramono menyebutkan kunjungannnya ke Klungkung adalah untuk melakukan studi tiru terkait program pemerintah yang telah berjalan di Klungkung. Beberapa program yang akan dipelajari yakni pengembangan desa wisata, pengelolaan BUMDes, penanganan sampah dan pemerintahan desa. “Satu yang menarik yang ingin kami pelajari juga adalah program bedah desa ini,” sebutnya. *wan

loading...

Komentar