nusabali

Petaka Pohon Roboh, 1 Tewas, 1 Luka

  • www.nusabali.com-petaka-pohon-roboh-1-tewas-1-luka

Korban Taufiqi Hudaya tewas tertimpa pohon Kepuh roboh saat melintas naik motor di Jalan Tukad Pakerisan Panjer

7 Mobil Juga Jadi Korban Petaka Pohon Roboh di Kota Denpasar

DENPASAR, NusaBali 
Petaka pohon roboh terjadi di sejumlah kawasan Kota Denpasar akibat hujan disertai angin kencang, Kamis (24/1) sore sekitar pukul 17.00 Wita. Dalam bencana ini, satu nyawa melayang dan satu korban luka akibat tertimpa pohon, selain hancurkan 7 unit mobil.

Korban tewas akibat petaka pohon roboh di Denpasar, Kamis sore, adalah Taufiqi Hudaya, 28. Pria asal Pasuruan, Jawa Timur yang diketahui bekerja di sebuah distro kawasan Denpasar ini tewas tertimpa pohon Kepuh berdameter 0,6 meter dengan tinggi 20 meter di Jalan Tukad Pakerisan Denpasar kawasan Banjar Kangin, Kelurahan Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan. 

Sedangkan korban luka tertimpa pohon adalah Komang Alit Astika, 29, asal Banjar Dinas Tanah Ampo, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem. Korban Komang Alit Astika tertimpa pohon perindang jalan saat melintas naik motor di Jalan Raya Puputan Niti Mandala Denpasar, Kamis sore. Korban dilarikan ke RS Sanglah, Denpasar dalam kondisi luka bibir atas, bengkak mata kanan, dan bengkak pada dahi.

Hingga tadi malam, koban Komang Alit Astika masih dirawat di RS Sanglah. Demikian pula jenazah korban Taufiqi Hudaya masih dititip di Instalasi Kedokteran Forensik RS Sanglah.

Informasi di lapangan, saat pohon Kepuh yang berada di sebelah barat Jalan Tukad Pakerisan tepatnya di Setra Desa Pakraman Panjer roboh, korban Taufiqi Hudaya naik motor Honda Scoopy DK 5708 OV, melaju dari arah utara. Korban pun langsung tewas mengenaskan di lokasi TKP dalam kondisi kepala pecah.

Selain menewaskan Taufiqi Hudaya, pohon ukuran besar yang roboh ini juga menimpa tembok sisi selatan Apotek Perama Bayu Medika dan menghancurkan garasi di apotek tersebut, serta merusak warung milik Jamal yang berada di sebelah barat jalan.

Menurut kesaksian Aslaniati, 18, karyawati toko sepatu di sebelah barat Jalan Tukad Pakerisan, tidak ada tanda-tanda seperti bunyi krett sebagai isyarat pohon akan tumbang. Tiba-tiba, pohon Kepuh yang dikeramatkan warga ini tumbang ke arah timur hingga menewaskan pengendara motor, Taufiqi Hudaya.

“Ranting pohon menimpa kepala dan motor korban (Taufiqi Hudaya). Pedal motor korban patah dan terpental hingga mengenai pinggul saya. Saat saya menoleh, korban sudah tertindih ranting pohon, di mana helmnya pecah berkeping, kepalanya juga pecah, sementara motornya hancur. Untung saja, saya tidak kenapa-kenapa,” cerita Aslaniati.

Menurut Aslaniati, saat peristiwa robohnya pohon Kepuh ke arah barat, situasi di Jalan Tukad Pakerisan sedang sepi. Hanya ada sebuah mobil warna hitam di depan korban Taufiqi Hudaya. Mobil tersebut sudah bergerak ke arah selatan sejauh 15 meter dari lokasi TKP saat pohon roboh. 

Sementara, Kapolresta Denpasar Kombes Pol Ruddi Setiawan sempat terjun ke lokasi pohon roboh yang merenggut nyawa di Jalan Pakerisan Denpasar, Kamis petang pukul 18.00 Wita. Kombes Ruddi didampingi Wakapolresta Denpasar, AKBP Nyoman Artana. “Kami berharap kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap kondisi cuaca seperti ini. Antipasti pohon tumbang, terutama rumah yang di sekitarnya ada pohon berukuran besar,” ujar Kombes Ruddi.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Denpasar, IB Joni Wiranata, menyatakan pihaknya sudah melakukan pendataan petaka pohon tumbang. Berdasarkan pendataan, sejak sore pukul 15.30 Wita hingga malam pukul 20.00 Wita, terdapat 21 titik petaka pohon tumbang di Kota Denpasar. Selain merenggut satu nyawa dan satu korban terluka, petaka pohon roboh juga menyebabkan 7 unit mobil tertimpa hingga rusak.

Pohon tumbang tersebar di Jalan Tjokorda Agung Tresna Niti Mandala Denpasar, Jalan Raya Puputan Niti Mandala Denpasar tepat depan Plaza Renon, Jalan Raya Puputan Denpasar depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi, Jalan Gambuh Denpasar, Jalan Merpati Denpasar, Jalan Nusa Indah Denpasar, Jalam Kerta Pura Denpasar, Jalan Setia Budi Denpasar, Jalan Kusuma Atmaja Denpasar, Jalan Basuki Rahmat Denpasar, Jalan Sedap Malam Denpasar, Jalan Sedap Malam II, Jalan Tukad Pakerisan Denpasar, Jalan Tukad Batanghari X Denpasar, Jalan Akasia Gang Buaji Denpasar, Jalan Tukad Badung 21 B Debpasar, Jalan Tukad Balian Denpasar, Jalan Dewata Indah, dan Jalan Antasura Denpasar.

Khusus pohon tumbang di Jalan Tjokorda Agung Tresna Denpasar, menghan-curkan 2 unit mobil di areal parkir Kantor Dinas PU Bali. Petaka pohon roboh di Jalan Raya Puputan depan Monumen Bajra Sandi juga menimpa 2 unit mobil. Sedangkan 3 unit mobil lainnya masing-maisng tertimpa pohon roboh di Jalan Sedap Malam II Denpasar, Jalan Gambuh Denpasar, dan  Jalan Tukad Badung 21 B Denpasar. *mi,po

Komentar