nusabali

Pulang dari AS, Pegolf Bali Gabung Pelatnas SEA Games

  • www.nusabali.com-pulang-dari-as-pegolf-bali-gabung-pelatnas-sea-games

Pegolf asal Bali Ida Ayu Indira Melati Putri menyelesiakan pendidikan di Universitas Purdue, Amerika Serikat

JAKARTA, NusaBali

Begitu balik dari AS, Mela pun langsung gabung Pelatnas SEA Games 2019. Mela, sapaan akrab Ida Ayu Indira Melati Putri, dijadwalkan pulang ke tanah air pada Juli 2019. "Mela dipastikan gabung Pelatnas SEA Games, karena tahun ini dia selesai kuliah. Sekitar Juni atau Juli, dia balik ke Indonesia. Selesai kuliah, berarti tidak ada hambatan lagi baginya bergabung di Pelatnas," ujar pelatih golf nasional M. Alga Topan, Rabu (23/1).

Saat ini Pelatnas SEA Games belum berlangsung, lantaran PB PGI menunggu informasi quota atlet golf untuk Pelatnas SEA Games 2019. Namun, kata AlgaTopan, pihaknya tetap melaksanakan pelatnas jangka panjang atau Nasional Development Program (NDB). Dalam NDB ini, terdapat satu pegolf yunior Bali.

"Di NDP ada satu pegolf Bali. Namanya Meva Helena Smith. Dia pegolf yunior, usianya baru 17 tahun. Tapi dia akan kuliah di Amerika Serikat sehingga kemungkinan tidak berlatih di Pelatnas," ucap Alga.

Alga mengatakan, atlet golf banyak yang kuliah disana, termasuk pegolf yang memperkuat tim Indonesia pada SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Karena itu, pelatnas akan berisi pegolf muda lantaran dikhawatirkan tidak bisa pulang. Namun Mela tetap dipertahan ke Pelatnas SEA Games, karena dia segera balik ke Indonesia usai menyelesaikan pendidikannya. Ditambah lagi, Mela berpengalaman di ajang olahraga tingkat Asia Tenggara.

Pegolf kelahiran Denpasar, 12 Juli 1997 itu dua kali memperkuat tim SEA Games Merah Putih. Pertama pada SEA Games 2015 di Singapura dan kedua pada SEA Games 2017 di Malaysia. Di dua pesta olahraga tersebut, alumni SMAN 3 Denpasar ini mempersembahkan perak di beregu putri.

"Selain itu, Mela juga turun di Asian Games 2018 kemarin," ucap Alga. Sayang Mela tidak berhasil meraih medali. Dia berada di peringkat enam pada nomor beregu putri, sedangkan di individu peringkat 11. Selama sekolah di Amerika, Mela selalu di pantau permainannya. Meski Mela memiliki pengalaman, posisi dia di pelatnas SEA Games tidak otomatis aman.

Sebab ada promosi dan degradasi. Bagi yang memiliki skor bagus akan terpilih sebagai tim inti. Tim inti golf tidak mengalami perubahan. Dibagian putri akan terpilih tiga orang, sementara putra empat orang. *k22

Komentar