nusabali

'De Gea Memenangkan Laga'

  • www.nusabali.com-de-gea-memenangkan-laga

Pukul Spurs, MU Tatap Empat Besar

LONDON, NusaBali

Gelandang Tottenham Harry Winks menyebut kiper Manchester United (MU) David de Gea membuat timnya kalah 0-1 dalam laga pekan ke-22 Liga Inggris di Stadion Wembley, London, Inggris, Senin (14/1) dini hari WITA.

Hasil itu membuat Spurs tertahan di urutan ketiga dengan 48 poin dan gagal memanfaatkan kesempatan menggusur Manchester City (50) dari peringkat kedua. Spurs kini terancam Chelsea (47). Sedangkan MU tetap di urutan enam, dengan menyamai Arsenal di urutan lima, 41 poin.

Memang, Marcus Rashford menjadi pencetak gol kemenangan MU lewat tendangannya ke area tiang jauh pada menit ke-44 yang mengecoh kiper Hugo Lloris. Namun De Gea punya krusial bagi kemenangan MU dengan melakukan tak kurang dari 11 penyelamatan sepanjang laga. Pada 2017 lalu, De Gea membuat 14 penyelamatan saat melawan Arsenal.

"Semua harus memberi kredit kepada kiper mereka (David De Gea), ia memenangkan pertandingan ini," kata Winks, di laman resmi Tottenham.

"Ia melakukan banyak sekali penyelamatan penting dan itu sulit diterima akal pikiran," ujar Winks. Padahal Spurs tampil dominan dengan penguasaan 61 persen. Namun dari 21 kali percobaan tembakan hanya 11 yang tepat sasaran. Seluruhnya digagalkan penampilan gemilang De Gea di bawah mistar gawang United.

Penampilan gemilang De Gea itu mendapat pujian dari manajer Ole Gunnar Solskjaer. "Fantastis, ketika membuat 11 penyelamatan, itu performa terbaik. Satu atau dua penyelamatan yang sangat bagus," kata Solskjaer, dikutip dari Premier League.

Melihat kerja keras pemainnya, manajer Spurs Mauricio Pochettino tak terlalu kecewa dengan kekalahan ini. Selain memuji performa timnya, Pochettino juga mengakui kehebatan De Gea dan  sepenuhnya pantas jadi man of the match.

"Tottenham melakukan segalanya untuk menang. Mungkin kami dominan dan menciptakan banyak peluang. Babak kedua luar biasa, saya senang," ujar Pochettino kepada BBC Sport.," kata Pochettino.

Meski banyak menuai pujian dan melakukan penyelamatan, De Gea sampai tak bisa memilih mana yang terbaik. De Gea tidak ingat beberapa penyelamatannya, Menurutnya, manajer membawa kebahagiaan di MU, para pemain bermain sangat baik dan tim sangat tangguh sekarang. *

Komentar