nusabali

Gus Ode Bintang Tamu Lomba Magending Bali

  • www.nusabali.com-gus-ode-bintang-tamu-lomba-magending-bali

Ketua Karang Taruna Karangasem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha alias Gus ode, menjadi bintang tamu di acara Lomba Subagan Magending Bali 2019, yang diselenggarakan STT Yowana Genta Suastika, di Banjar Genteng, Desa Pakraman Subagan, Kecamatan Karangasem, Sabtu (5/1) malam.

AMLAPURA, NusaBali

Lomba mengundang 9 peserta dari 9 banjar adat: Ekacita, Buana Santi, Manik Cemara, Genteng, Gede, Geria, Baru, Tengah Kelod, dan Tengah Kaler. Tiap banjar menyertakan pesertanya, bisa berpasangan bisa tampil sendirian.

Lagu Pop Bali yang dilantunkan dalam lomba, tidak ada batasan. Peserta bebas memilih lagu, terpenting lagu Pop Bali. Kriteria penilaiannya dilakukan tiga dewan juri: Ni Putu Diah Arianta Putri, I Made Suartika dan Ida Ayu Tutut Utari, adalah; materi suara, penghayatan, musikalitas dan penampilan. Sehingga skor yang dibukukan semua peserta bersaing.

Di sela-sela sebelum pengumuman pemenang, Gus Ode tampil menghibur dengan melantunkan lagu pop Bali, Kidung Kasmaran dan Kenyem Manis.

Ratusan penonton yang hadir diajak nyanyi bersama, sehingga suasana malam Siwaratri jadi tambah meriah. "Mari kita lestarikan budaya Bali, melalui lagu Pop Bali. Kami berharap para peserta lomba tetap bersemangat, walau tidak kebagian juara tetapi semuanya dapat hadiah," jelas Gus Ode.

Gus Ode yang juga vokalis Band Gana Svara Amlapura menilai, sebenarnya banyak kalangan muda-mudi berbakat di bidang tarik suara, tinggal konsisten menjalani latihan. Sebab, vokal itu mesti dicoba terus.

"Bagi yang memiliki hobi menyanyi, kami siap menampung di Band Gana Svara," katanya. Hadir di acara Lomba Subagan Magending Bali 2019, Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri, Kadis Sosial Ni Ketut Puspa Kumari, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ni Made Santkikawati, Camat Abang I Gusti Nyoman Darsana, Lurah Subagan I Putu Agus Sumahendra dan undangan lainnya.

Ketua Panitia sekaligus pembawa acara I Gusti Ngurah Wiranata memberi apresiasi kepada penonton berupa predikat penonton terbaik dan penonton paling kreatif. Selanjutnya membagikan hadiah kepada sembilan peserta lomba berupa HP.

Acara terakhir diakhiri pengumuman tiga pemenang lomba, dinobatkan sebagai  juara I dimenangkan pasangan: I Gusti Ayu Mega Sasta Paramita dan I Gusti Ngurah Agung Darma Putra dari Banjar Gede dengan skor 998. Sedangkan, juara II Ni Nyoman Purnami  dari Banjar Baru dengan skor 995, dan juara III I Gusti Ayu Nyoman Sri Mabinda Devi dari Banjar Tengah Kelod, dengan skor 972. *k16

Komentar