nusabali

Buktikan Tak Hanya Jago Akademik

  • www.nusabali.com-buktikan-tak-hanya-jago-akademik

Prestasi dari bidang non akademik, ke depannya dapat merubah imej siswa SMPN 1 Singaraja tidak hanya handal di bidang akademik.

SMPN 1 Singaraja Juara Umum II Porsenijar Buleleng

SINGARAJA, NusaBali
SMPN 1 Singaraja, salah satu sekolah favorit di Buleleng kembali membuktikan diri tak hanya jago urusan prestasi akademik, tapi juga mampu berjaya dalam bidang non akademik. Setelah sempat delapan tahun absen menjuarai Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar), tahun 2016 ini kembali berhasil menduduki juara umum II tingkat Kabupaten Buleleng.

Keberhasilan tersebut membuat pihak sekolah kembali bergairah. Terutama prestasi di bidang non akademik yang selama ini tidak secemerlang prestasi akademik. Dengan raihan 7 medali emas, 8 medali perak dan 5 medali perunggu, mengantarkan SMPN 1 Singaraja menjadi juara umum II menyusul SMPN 2 Singaraja yang bertengger di posisi puncak.

“Tahun ini kami patut berbangga karena berhasil kembali meraih juara umum di posenijar, setelah sekian lama tersisih,” ujar salah satu guru olahraga SMPN 1 Singaraja, yang sekaligus merupakan pembina dan pelatih atlet dan artis Porsenijar, Made Wenten, Sabtu (30/4).

Ia menuturkan bahwa tahun ini potensi yang dimiliki siswa SMPN 1 Singaraja di bidang non akademik mulai melejit. Bahkan banyak atlet yang muncul di kelas VII. Sehingga ke depannya mereka masih dapat dibina untuk memaksimalkan kemampuannya bersaing di event yang lebih bergengsi. Dari tujuh medali emas yang didapatkan oleh SMPN 1 Singaraja, yakni pada bidang Karate yang menyumbangkan tiga emas, tenis lapangan, bulu tangkis, senam lantai dan nyastra Bali masing-masing satu emas. Lima di antaranya dipastikan akan mewakili Buleleng ke Porsenijar Provinsi yang akan dilaksanakan bulan Juni mendatang.

“Memang tahun ini kami hanya mengikuti kelas tunggal saja, yang beregu tidak bisa karena kami sesungguhnya masih kekurangan atlet,” kata guru olahraga lainnya, Dewa Ari Nurjaya. Karena selama ini sekolah masih terkendala minimnya peminat dari siswa yang ingin mengembangkan diri melalui bidang non akademik. Karena sejak dulu, siswa SMPN 1 Singaraja dikenal sebagai siswa yang jago dalam bidang akademik saja. Sementara itu Kepala SMPN 1 Singaraja, Ni Putu Karnadhi MSi, terkait dengan keberhasilan siswa dan gurunya di bidang non akademik, menurutnya sangat luar biasa. Karena mereka yang berhasil menyumbangkan prestasi dari bidang non akademik, kedepannya dapat merubah imej siswa SMPN 1 Singaraja tidak hanya handal di bidang akademik, tetapi juga non akademik.

“Tahun ini kami sudah rancang, bagaimana nantinya pembinaan akademik dan non akademik dapat berjalan selaras, sehingga ada keseimbangan antara keduanya,” tegas Karnadhi. Pihaknya pun mengaku di tahun ajaran baru nanti akan membuka lamaran siswa berprestasi di bidang non akademik. Dengan memberikan porsi dua berbanding tiga dari 20 persen keseluruhan siswa yang nantinya akan diterima melalui jalur prestasi. “Jadi dua untuk non akademik dan tiga untuk siswa yang memiliki prestasi di bidang akademik, di jalur lamaran prestasi,” kata dia. Posenijar Kabupaten Buleleng 2016 sendiri dibuka pada 11 April dan ditutup pada 27 April lalu.

Adapun hasil Porsenijar itu, yakni untuk di tingkat SMP yang keluar sebagai juara umum I adalah SMPN 2 Singaraja dengan 13 emas, 12 perak dan 22 perunggu. Menyusul SMPN 1 Singaraja di Peringkat ke II dengan 7 emas, 8 perak dan 4 perunggu. Peringkat ke III SMPN 2 Kubutambahan dengan perolehan medali 7 emas, 6 perah dna 6 perunggu.

Sementara itu di tingkat SMA/SMK yang keluar sebagai juara I adalah SMAN 4 Singaraja dengan peraihan 16 emas, 13 perak dan 11 perunggu. Posisi ke II diraih oleh SMAN 1 Kubutambahan dengan 12 emas, 5 perak dan 11 perunggu dan juara III diraih SMAN 1 Singaraja yang memperoleh 9 emas, 5 perak dan 6 perunggu. 7 k23

Komentar