nusabali

Walikota Buka Porsenijar Kota Denpasar 2024

Pertandingkan 32 Cabor dan 22 Cabang Seni

  • www.nusabali.com-walikota-buka-porsenijar-kota-denpasar-2024

DENPASAR, NusaBali - Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kota Denpasar 2024 resmi dibuka oleh Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa dan Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Senin (1/4), di GOR Lila Buana Denpasar. Porsenijar akan berlangsung hingga 7 April mendatang. Walikota Jaya Negara juga menyerahkan bendera serta piala bergilir untuk diperebutkan kembali.

Walikota Jaya Negara menjelaskan, Pemkot Denpasar mengapresiasi kegiatan Porsenijar tahun ini sebagai ajang untuk menyeimbangkan kegiatan fisik dan non fisik. Kecerdasan bukan hanya pada bidang akademik saja, kekuatan fisik serta pengetahuan seni dan budaya secara tidak langsung mengasah kecerdasan emosional anak dalam berinteraksi.

Dijelaskan, Porsenijar Kota Denpasar dapat memberdayakan olahraga dan seni sebagai bagian penting serta strategis bagi pencapaian prestasi, serta secara berkelanjutan dapat meningkatkan kesadaran para siswa akan arti penting olahraga dan seni. Hal ini utamanya dalam memberi kontribusi positif bagi bekal hidupnya dan pembangunan di bidang pendidikan. Sehingga penyelenggaraan Porsenijar Kota Denpasar dapat bermanfaat dalam upaya mengembangkan pembinaan olahraga dan seni.

Walikota Jaya Negara berpesan para atlet dan artis agar menaati segala peraturan serta keputusan yang telah ditetapkan dengan mengedepankan sikap sportivitas. Serta kepada seluruh wasit/juri yang bertugas memimpin pertandingan, diminta melaksanakan tugas secara profesional karena dengan kepemimpinan yang baik akan menghasilkan kompetisi yang baik pula.


“Melalui Porsenijar ini juga akan dievaluasi dengan cermat dan teliti bagi para atlet dan artis pelajar untuk nanti diterjunkan pada even Porsenijar Provinsi Bali. Dengan pola pembinaan yang baik tersedianya sarana prasarana, serta komitmen bersama dalam pembangunan olahraga dan seni akan mampu melahirkan atlet dan artis yang berprestasi,” ujarnya. 

Kadis Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Denpasar Anak Agung Gede Wiratama, mengatakan Porsenijar Kota Denpasar dilaksanakan pada 1 – 7 April 2024, yang pembukaan dan penutupannya bertempat di GOR Lila Buana Denpasar. Cabang olahraga dilaksanakan di lapangan venue yang ada di Kota Denpasar. Sedangkan untuk cabang seni dilaksanakan di kawasan Taman Budaya Art Center Denpasar pada 1 – 6 April 2024. 

Porsenijar Kota Denpasar tahun ini diikuti sekitar 12.000 orang yang terdiri dari atlet dan artis beserta pembina/pelatih serta wasit/juri. Cabang olahraga dimulai dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK dengan mempertandingkan 32 cabor resmi dan sebanyak 5 cabor eksibisi yakni Rugby, Xiangqi, Pickle Ball, e-Sport, dan Yongmoodo. Sedangkan untuk cabang seni melombakan 22 cabang. 

Hadir pada pembukaan tersebut Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, perwakilan Forkopimda, Ketua TP PKK Ny Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Ny Widnyani Wiradana, pimpinan OPD. Pada kesempatan tersebut ditampilkan Tari Wirayuda, eksibisi Tarung Derajat dan Wushu.  @ mis

Komentar