nusabali

Real Madrid Memburu Sejarah Baru

  • www.nusabali.com-real-madrid-memburu-sejarah-baru

Sejarah bisa kembali diukir Real Madrid jika berhasil menjadi juara Piala Dunia Antarklub.

ABU DHABI, NusaBali
Sebelumnya sejarah sudah diukir Madrid pada Mei lalu usai mengalahkan Liverpool di partai puncak Liga Champions. Keberhasilan itu jadi sejarah karena Madrid jadi tim pertama benua biru yang menjuarai Liga Champions tiga kali beruntun.

Berstatus sebagai juara Liga Champions, Madrid akan langsung tampil di babak semifinal. Los Blancos ditantang juara Liga Champions Asia, Kashima Antlers di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, Kamis  (20/12) mulai pukul 00.30 WITA. Jika menang, maka Madrid akan majuke babak final pada Sabtu (22/12) mendatang.

Dalam dua tahun terakhir, Madrid melengkapi keberhasilannya menjuarai Liga Champions dengan memenangi Piala Dunia Antarklub. Tahun ini, Sergio Ramos dkk bertekad mengulang prestasi yang sama. "Kami ingin mengakhiri tahun ini, yang sudah sempurna, dengan cara terbaik," ujar gelandang Madrid, Luka Modric, seperti dilansir AS.

"Karena kami sudah menjuarai Liga Champions tiga kali beruntun, kami juga ingin melakukan hal yang sama di Piala Dunia Antarklub. Meraih gelar juara itu selalu penting untuk Real Madrid dan kami ingin meraihnya untuk ketiga kalinya beruntun."

"Bagi saya, penting untuk membantu tim sebaik mungkin, saya tidak terobsesi persoalan individu. Yang penting adalah bagaimana kami akan bermain sebagai tim, menghadapi tantangan ini, dan meraih gelar."

Pelatih Santiago Solari menegaskan bahwa El Real dalam misi memburu gelar keempat. Dalam dua edisi terakhir, Madrid merupakan juara Piala Dunia Antarklub. Total mereka jadi juara pada 2014, 2016, 2017. Dengan raihan itu, Los Merengues menyamai raihan Barcelona di ajang ini, tiga kali menjadi juara.

Andai menang di edisi kali ini, Madrid akan menjadi klub dengan koleksi Piala Dunia Antarklub paling banyak. Hal itu yang sedang dibidik Sergio Ramos cs. "Bisa berada di Piala Dunia Antarklub sungguh luar biasa dan kami berharap bisa mempertahankan gelar juara tahun ini, yang dimenangi para pemain hebat ini tahun lalu," kata Solari di As.

"Sangat penting bisa menuju turnamen ini dengan modal kemenangan. Piala Dunia Antarklub sudah dimulai, kami sudah melihatnya di televisi dan kami senang bahwa kami sudah datang dan fokus pada laga hari Rabu," dia menambahkan.

Semifinal Piala Dunia Antarklub lainnya mempertemukan River Plate vs Al-Ain. Laga yang mempertemukan juara Copa Libertadores vs tuan rumah itu masih berlangsung di Hazza bin Zayed Stadium, Al-Ain, saat berita ini diturunkan.

Ajang Piala Dunia Antarklub ini dulunya dikenal dengan nama Piala Toyota. Meski sangat eksklusif dan punya presitise besar, Piala Dunia Antarklub ternyata menyediakan hadiah yang tidak banyak. Dikutip dari AS, juara Piala Dunia Antarklub hanya akan membawa pulang uang 5 juta euro. Itu setara dengan Rp 82,5 miliar.

Angka tersebut jauh jika dibandingkan Liga Champions, di mana juara tahun ini akan mengantongi 19 juta euro (Rp 313 miliar) . Itu belum termasuk fee sebesar 2,5 juta euro untuk setiap kemenangan yang diraih sejak fase grup.

Bahkan di Liga Champions 2017/2018, klub yang berlaga di playoff Liga Champions (satu tahap sebelum fase grup), akan mengantongi dua juta euro per kemenangan. Sementara saat masuk fase grup tiap klub mendapat 12,7 juta euro.*

Komentar