nusabali

Rossi Pole GP Spanyol

  • www.nusabali.com-rossi-pole-gp-spanyol

Jika free practice dikuasai Jorge Lorenzo, maka sesi kualifikasi menjadi milik Valentino Rossi. Alhasil GP Spanyol menjanjikan balapan ketat.

JEREZ, NusaBali
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, meraih pole position pertamanya musim ini setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Sabtu (23/4). Marquez dan Lorenzo akan mendampingi Rossi start dari baris terdepan, tepatnya di posisi kedua dan ketiga. Baris kedua start akan ditempati Andrea Dovizioso (Ducati), Maverick Vinales (Suzuki Ecstar), dan Aleix Espargaro (Suzuki Ecstar).

Sebelum sesi kualifikasi, Rossi hanya sekali memimpin sesi free practice atau latihan bebas. Tiga sesi lainnya selalu dikuasai rekan satu timnya, Jorge Lorenzo. Sesi 15 menit kualifikasi dibuka dan beberapa pembalap langsung meluncur ke lintasan, termasuk Lorenzo. Semua pebalap memakai ban belakang soft. Hampir semua pembalap memakai ban depan soft, kecuali Lorenzo, Marc Marquez (Repsol Honda), dan Cal Crutchlow (LCR Honda) yang memakai ban depan hard.

Lorenzo memimpin pada menit-menit awal sesi dengan 1 menit 39,405 detik. Beberapa menit kemudian, Marquez menggeser Lorenzo setelah menyelesaikan putaran dalam 1 menit 39,064 detik. Memasuki tiga menit terakhir sesi, Lorenzo membuat gebrakan. Dia memutari Sirkuit Jerez dalam 1 menit 38,858 detik yang otomatis mengantarnya ke posisi tercepat.

Marquez berhasil mempertajam waktu putarannya menjadi 1 menit 38,966 detik, tetapi masih belum cukup untuk melewati catatan Lorenzo. Kejutan berlajut. Pada percobaan terakhirnya, Rossi mencatat putaran 1 menit 38,736 detik yang langsung mengantarnya ke posisi tercepat. Catatan tersebut bertahan sebagai yang tercepat hingga sesi berakhir. Rossi pun berhak atas pole position balapan GP Spanyol yang akan berlangsung Minggu (24/4).

Buat Rossi ini adalah pole position pertamanya di musim ini, meski dia sempat dapat posisi start di baris depan sebelumnya. Tapi keberhasilan dapat posisi start satu disebutnya spesial karena mengindikasikan hal yang sangat positif terkait penggunaan Michelin.

"Kami bekerja keras karena tahun lalu kami kesulitan di kualifikasi. Tahun ini bersama Michelin saya merasa lebih baik dan kami sudah dua kali mendapat baris depan untuk start, tapi pole position itu berbeda - terutama di sini, di Jerez," ucap Rossi dikutip dari motorsport.com.

Meraih pole pada balapan di Spanyol setelah mengalahkan dua pebalap Spanyol jelas menggembirakan. Tapi Rossi tahu kalau perjuangan belum selesai. "Pastinya besok akan sangat berat dengan Lorenzo dan Marquez, tapi kami ada di sana. Kami akan bisa bertarung."

"Pada akhirnya, memulai balapan dari posisi terdepan adalah penting - tapi itu tidak ada artinya. Balapannya besok dan itu akan sangat sulit. Saya pikir Marquez dan Lorenzo akan punya kecepatan yang bagus. Tapi kami bekerja dengan sangat baik mulai besok pagi. Saya merasa oke dengan motornya, dan saya pikir kami bisa bertarung," yakin dia.
Setelah tiga balapan terlalui, Rossi kini duduk di posisi tiga klasemen pebalap. Dia tertinggal 33 poin dari Marquez yang ada di posisi teratas. Sementara urutan dua dimiliki Lorenzo.7

Komentar