nusabali

Sparko Ditampilkan di CFD Jembrana

  • www.nusabali.com-sparko-ditampilkan-di-cfd-jembrana

Olahraga senam spartan komando (Sparko) yang dipopulerkan oleh seorang Perwira Kopassus asal Bali, Mayor Inf Eka Wira, belakangan menjamur di Kabupaten Jembrana.

NEGARA, NusaBali
Untuk lebih memperkenalkan Sparko, komunitas Sparko dari jajaran Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara (GN), mendemonstrasikan Sparko saat car free day (CFD), tepatnya di perempatan Pos Polantas Sudirman Agung, Jalan Sudirman, Minggu (18/11) pagi.

Selain dari kalangan militer, sejumlah warga Jembrana yang awalnya hanya menyaksikan demonstrasi Sparko, itu juga ikut mencoba senam dengan kombinasi berbagai jenis gerakan, dari jogging, push up, dan sit up.

“Meski terbilang baru, namun Sparko ini perkembangannya cukup pesat. Karena manfaatnya memang sangat luar biasa, terutama untuk menurunkan berat badan,” kata Sersan Jaya, anggota Yonif Mekanis GN, seusai senam.

Melalui demonstrasi tersebut, dia berharap semakin banyak masyarakat Jembrana yang menggandrungi Sparko, sehingga dapat terbentuk komunitas Sparko di Jembrana. “Nanti setiap CFD kami gelar Sparko. Jadi masyarakat juga bisa langsung mencoba. Dan Sparko ini bisa dilakukan di mana saja, dan tidak sampai memakan tempat yang luas. Bisa juga dilakukan di dalam kamar,” ujarnya.

Sementara Kapten Inf Arman Adi Wibowo, selaku penggagas Sparko di Jembrana, mengatakan olahraga Sparko lebih efektif menurunkan berat badan, karena gerakannya hampir mirip seperti olahraga yang dilakukan pasukan elite Kopassus. Tetapi gerakan Sparko lebih disederhanakan, sehingga lebih mudah dilakukan masyarakat umum, tanpa mengurangi manfaat setiap gerakannya. “Meskipun olahraga ini terbilang berat ketika baru mencoba, tetapi Sparko banyak digandrungi anak muda di berbagai daerah. Kami harapan anak muda di Jembrana juga demikian untuk membiasa hidup sehat, dan terhindar dari narkoba,” ujarnya. *ode

Komentar