nusabali

Ganjar Makan Mi Ayam Kaki Lima

  • www.nusabali.com-ganjar-makan-mi-ayam-kaki-lima

JAKARTA, NusaBali - Jelang debat calon presiden (capres), calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengisi waktu paginya dengan berolahraga di Car Free Day  (CFD) kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (4/2). Usai olahraga, Ganjar bersama istrinya, Siti Atikoh Supriyanti menyantap mi ayam pinggir jalan. Sontak, capres berambut putih itu menjadi pusat perhatian warga yang berada di sekitar lokasi.

Berdasarkan keterangan tertulisnya, kebanyakan masyarakat yang sedang berolahraga tersebut meminta salaman dan berswafoto. Dengan ramah, Ganjar meladeni permintaan masyarakat yang ingin berfoto dengannya. Tak sekadar itu, Ganjar juga mengajak dan mentraktir masyarakat di sana untuk makan mi ayam bersama.

Ganjar yang ditemani oleh sang istri kemudian menyantap mi ayam bersama masyarakat dengan duduk lesehan di atas trotoar. Dengan lahap, dia menghabiskan mi yang dibuat oleh penjual bernama Sutoyo. Sebagai penjual mi ayam Yono 89, Sutoyo mengatakan tak menyangka pelanggannya hari ini (Minggu kemarin) adalah Ganjar Pranowo. Lantaran selama ini, dia hanya melihat Ganjar dari layar televisi saja. 

“Deg-degan rasanya. Seperti tidak percaya kalau yang datang beli Pak Ganjar,” ujar Sutoyo. 

Sutoyo mengaku merasa gugup ketika menyiapkan mi ayam pesanan Ganjar dan Siti Atikoh. Karena selama 20 tahun lebih berdagang mi ayam, baru kali ini mendapat pembeli seorang calon presiden.

“Rasanya gugup. Sudah dua puluh tahun jualan mi ayam baru kali ini didatangi pejabat, hanya Pak Ganjar,” tutur Sutoyo. 

Setelah bertemu secara langsung, Sutoyo menilai, Ganjar adalah sosok yang ramah dan ‘full senyum’. Dia berharap, dengan sikap merakyat dan ramah tersebut Ganjar yang berpasangan dengan Mahfud MD dapat memperhatikan rakyat kecil terutama pedagang kecil untuk bisa sejahtera.

“Orangnya mau berkumpul dengan rakyat kecil. Semoga selalu diberi kesehatan dan kekuatan untuk mensejahterakan rakyat kecil,” ucap Sutoyo.

Selain makan mieayam, Ganjar juga membeli minuman ke pedagang keliling di sana yang bernama Lutiman. Sehari-hari, Lutiman adalah pedagang minuman keliling dan biasa berjualan di sekitaran Senayan.

"Pak Ganjar, monggo Pak. Minumannya," seru Lutiman saat melihat kedatangan Ganjar.

Lutiman mengaku, sudah lama menjadi simpatisan PDI Perjuangan. Ketika Ganjar diajukan sebagai Capres di Pilpres 2024, Lutiman meyakini sosok Capres berambut putih itu akan bisa menjadi orang nomor satu di Indonesia.

“Pak saya asli Sukoharjo, seminggu yang lalu baru pulang pasang-pasang spanduk. Bagi-bagi kaose njenengan,” kata Lutiman menyapa Ganjar. "Saya dari dulu senangnya PDI. Ini Pak Ganjar orangnya baik. Harus jadi presiden," imbuhnya. 

Selama berjualan, meski melayani pembeli lainnya mata Lutiman tak lepas pandang dari Ganjar. Dia bahkan membantu orang-orang yang mengerumuni tempatnya berjualan untuk foto bareng Ganjar. "Pak, matur nuwun nggih (terima kasih ya). Sehat-sehat, saya pamit pulang,” kata Ganjar pada Lutiman. 7 k22

Komentar