nusabali

Desa Mundeh Kangin Operasikan Ambulans Desa

  • www.nusabali.com-desa-mundeh-kangin-operasikan-ambulans-desa

Desa Mundeh Kangin, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan kini memiliki ambulans desa.

TABANAN, NusaBali
Bantuan yang didapat tersebut bersumber dari APBD Tabanan sebesar Rp  200 juta. Realisasi ambulans desa ini disambut baik warga.  Perbekel Desa Mundeh Kangin, I Wayan Sarba Artha Wijaya mengatakan usulan tersebut diajukan dalam musrenbang tingkat kecamatan tahun 2018. Lalu terealiasi sebesar Rp 200 juta yang dipergunakan untuk membeli mobil ambulance desa. "Kami beli ambulans untuk bisa bantu warga," ungkapnya, Sabtu (27/10).

Kata dia, membantu warga yang dimaksud adalah mempermudah sarana transportasi ketika harus mencari rujukan ke Puskesmas saat akan berobat ke BRSUD Tabanan. Pasalnya Desa Mundeh Kangin ketika mencari rujukan harus ke Puskemas yang ada di Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat memutar sampai 3 jam.

"Kami harus memutar karena letak geografis desa kami ada di tengah-tengah," beber Artha Wijaya. Maka dari itu besar harapannya untuk bisa memiliki ambulans desa. Ambulance desa itu datang sekitar seminggu lalu.  Sehingga tepat saat rahina Tumpek Landep dilakukan peresmian operasional ambulans desa. Jadi bagi masyarakat Desa Mundeh Kangin yang memerlukan bisa hubungi call center 081246663069.

Selain itu, Artha Wijaya juga berharap, mengingat Desa Mundeh Kangin letak geografisnya jauh dari kota agar ada petugas kesehatan, seperti perawat yang membantu bidan desa. "Karena perawat yang sekarang sudah mau pensiun, letak banjar di desa kami juga jauh-jauh jadi dengan ditambah petugas kesehatan bisa memaksimalkam pelayanan," harap Artha Wijaya. *de

Komentar